kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui


Selasa, 27 Februari 2024 / 12:32 WIB
Apa Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan, Ada 8 Hal yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Jeruk nipis


Penulis: Ryan Suherlan

 Manfaat Jeruk Nipis- Banyak manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang kerap luput dari perhatian. Padahal, jeruk nipis menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah jeruk nipis juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman. Bahkan, kulit jeruk nipis juga bisa diolah dan dimanfaatkan.

Selain itu, jeruk nipis juga dikenal mempunyai banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, vitamin C dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan, Efektif!

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan:

1. Menjaga Asupan Mineral

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan bahwa orang yang tidak minum cukup air dapat menambahkan perasan jeruk nipis atau irisan jeruk nipis untuk meningkatkan rasa yang dapat mendorong mereka untuk minum lebih banyak air sepanjang hari.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara buah jeruk, seperti jeruk nipis, dan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Sebuah meta-analisis studi observasional tahun 2015 yang diterbitkan di Medicine menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara peningkatan konsumsi buah jeruk dan penurunan risiko kanker esofagus.

Para peneliti juga telah menunjukkan bahwa orang dengan asupan buah jeruk tertinggi, dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi buah jeruk terendah, mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sebesar 9%.

Namun, para ilmuwan memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai asupan buah jeruk terhadap berbagai jenis kanker, termasuk ketika orang menambahkan jeruk nipis ke dalam air, sebelum mereka dapat membuat kesimpulan yang pasti.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Rambut Uban di Usia Muda, Wajib Tahu!

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C merupakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen, yaitu senyawa yang berperan dalam mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, para peneliti menyarankan bahwa minum air dalam jumlah lebih banyak (lebih dari 13 gelas per hari) mungkin memiliki efek positif pada hidrasi dan penampilan kulit.

Menambahkan jeruk nipis ke dalam air tidak hanya membuat air lebih mudah diminum, namun kombinasi air dan perasan jeruk nipis dapat membantu meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Meskipun para profesional medis pada umumnya memahami manfaat kesehatan dari jeruk nipis dan air, saat ini mereka belum memiliki penelitian ilmiah yang mendukungnya.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Beberapa penelitian telah mengamati hubungan antara minum air dan penurunan berat badan. Meskipun ada beberapa bukti ilmiah yang mendukung hubungan ini, para ilmuwan masih belum mengetahui dengan jelas mengapa hubungan ini ada dan menyarankan agar mereka memerlukan penelitian lebih lanjut.

Makalah ulasan tahun 2019 tentang air minum dan penurunan berat badan menegaskan bahwa bukti terkini tentang air dan penurunan berat badan memiliki kualitas rendah hingga sedang.

Buah jeruk, seperti jeruk nipis, mungkin memiliki senyawa bioaktif yang dapat membantu mengendalikan berat badan, namun dokter memerlukan penelitian lebih lanjut untuk lebih memahami peran jeruk nipis dan air dalam mendorong penurunan berat badan.

Baca Juga: Kenali Obat Asam Urat Alami yang Aman Dikonsumsi, Mau Coba?

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk mendukung fungsi normal sistem kekebalan tubuh. Tubuh seseorang tidak dapat membuat vitamin C sendiri sehingga harus mendapatkannya dari makanan atau sumber lain. Satu buah jeruk nipis mengandung 19,5 mg vitamin C.

Jika seseorang rutin mengonsumsinya, air jeruk nipis dapat membantu memperkuat pertahanan tubuh dan dapat memperpendek umur penderita pilek dan flu, meski bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut masih terbatas.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut CDC, mengikuti pola makan sehat yang mengandung buah segar, termasuk buah jeruk seperti jeruk nipis, penting untuk mencegah penyakit jantung dan komplikasinya.

Para peneliti baru-baru ini membahas hal ini dalam tinjauan sistematis dan meta-analisis studi observasional tahun 2020 di Journal of American Heart Association.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa total asupan buah yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, dan para peneliti melihat manfaat yang lebih besar khususnya buah jeruk dibandingkan sumber buah dan sayuran lainnya.

Para ilmuwan memerlukan studi klinis tambahan untuk memastikan peran buah jeruk, seperti jeruk nipis, dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Karena minum cukup air setiap hari penting untuk fungsi normal tubuh, termasuk jantung, penggunaan jeruk nipis mungkin merupakan cara yang efektif dan enak untuk meningkatkan konsumsi air.

Baca Juga: Catat Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh, Ada 8 Hal

7. Mencegah Batu Ginjal

Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan vitamin C. Beberapa penelitian dalam makalah tinjauan ilmiah tahun 2015 menunjukkan kemampuan buah jeruk yang mengandung nutrisi tersebut untuk memecah atau mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal.

National Kidney Foundation mengemukakan bahwa faktor risiko terbentuknya batu ginjal adalah kurang minum air. Air jeruk nipis bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu seseorang memenuhi rekomendasi cairan harian.

Selanjutnya: Perusahaan Asal Inggris Resmi Mengakuisisi Flynet dan Mengincar Kesepakatan Lain

Menarik Dibaca: Hanya 3 Wilayah Bebas Hujan, Simak Prakiraan Cuaca Besok di Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×