kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Luar Biasa


Selasa, 17 Oktober 2023 / 11:37 WIB
Catat 7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh yang luar biasa. Selain itu, manfaat jeruk nipis juga telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Jeruk nipis (Citrus aurantiifolia) adalah salah satu jenis buah jeruk yang dikenal karena kandungan vitamin C yang tinggi dan rasa asamnya yang segar. 

Selain digunakan sebagai bumbu dapur dan penambah rasa dalam masakan, jeruk nipis juga telah lama diakui sebagai sumber manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan yang Luar Biasa, Cek Yuk!

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan di antaranya:

1. Sumber Vitamin C

Jeruk nipis adalah sumber yang kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas dan kerusakan sel. Vitamin C juga diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk kulit, tulang, dan gigi. Konsumsi jeruk nipis secara teratur dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Baca Juga: 8 Cara Menurunkan Berat Badan yang Paling Efektif, Apa Saja?

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C dalam jeruk nipis meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan komponen penting dari sistem kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Jeruk nipis juga mengandung senyawa antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi bakteri.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat dan senyawa antioksidan dalam jeruk nipis membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung kalium, yang mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah.

Baca Juga: Kenali 6 Obat Trigliserida Tinggi Alami yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jeruk nipis adalah makanan rendah kalori dan mengandung serat yang dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membantu dalam pengendalian nafsu makan dan berkontribusi pada penurunan berat badan yang sehat.

5. Meningkatkan Pencernaan

Serat dalam jeruk nipis mendukung pencernaan yang sehat dengan mencegah sembelit dan meningkatkan gerakan usus. Selain itu, jeruk nipis juga memiliki sifat pencahar alami yang membantu membersihkan usus.

Baca Juga: 10 Manfaat Buah Stoberi untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

6. Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam jeruk nipis penting untuk produksi kolagen, yang diperlukan untuk kulit yang sehat dan bercahaya. Jeruk nipis juga memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan kulit dan mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan bintik hitam.

7. Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa antioksidan dalam jeruk nipis dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan perkembangan kanker. Vitamin C juga telah terkait dengan penurunan risiko kanker tertentu, seperti kanker usus besar.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin C dan senyawa antioksidan dalam jeruk nipis juga membantu melindungi mata dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan mata. Konsumsi jeruk nipis secara teratur dapat mendukung kesehatan mata.

Penting untuk diingat bahwa meskipun jeruk nipis memiliki banyak manfaat kesehatan, konsumsinya harus dilakukan dalam jumlah yang wajar. Jeruk nipis yang berlebihan dapat merusak enamel gigi karena tingkat asamnya yang tinggi. Jadi, konsumsilah jeruk nipis secara bijak sebagai bagian dari pola makan seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×