kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,44   8,65   0.92%
  • EMAS1.116.000 0,54%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui, Bisa Buat Diabetes Hingga Asam Urat


Jumat, 22 September 2023 / 16:08 WIB
9 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui, Bisa Buat Diabetes Hingga Asam Urat
ILUSTRASI. 9 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui, Bisa Buat Diabetes Hingga Asam Urat.


Penulis: Tiyas Septiana

Manfaat Jeruk Nipis -  Salah satu jenis jeruk yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh adalah jeruk nipis. Jeruk ini sudah lama dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan tambahan untuk membuat jamu dan obat tradisional. 

Mengutip dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mengandung banyak nutrisi penting yang baik untuk tubuh. 

Dalam 100 gram jeruk nipis mengandung Energi 44 kalori, Protein 0,5 gram, Lemak 0,2 gram, Karbohidrat 10 gram, dan Serat 0,4 gram. 

Selain itu jeruk nipis juga mengandung banyak mineral seperti Kalsium, Fosfor, Zat besi, Natrium, Kalium, Tembaga, dan Zinc, serta vitamin seperti Vitamin C, B1, B2, B3, dan Beta karoten.

Merangkum situs Alodokter dan Kemenkes, berikut beragam manfaat jeruk nipis yang jarang diketahui.

Baca Juga: Sering Kesemutan Setelah Makan Bisa Jadi Pertanda Sakit Serius, Cek Infonya Ini

Meningkatkan imun tubuh

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat membantu meningkatkan kekebalan atau imun tubuh, akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga Anda cepat sembuh. 

Selain vitamin C, jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengatasi flu

Vitamin C akan meningkatkan produksi sel darah putih yang bertugas melawan infeksi. Hasilnya, kekebalan tubuh meningkat dan tubuh menjadi lebih cepat pulih dari flu.

Hal ini didukung dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi jeruk nipis maupun suplemen vitamin C bermanfaat untuk mengurangi keparahan gejala flu dan mempercepat penyembuhan.

Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Memutihkan Masalah Gigi Kuning dan Cara Memakainya,

Mengatasi masalah pernapasan

Khasiat jeruk nipis yang cukup dikenal adalah membantu mengatasi serangan batuk dan mengencerkan dahak di tenggorokan.

Jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit akibat batuk karena kandungan vitamin C dan minyak atsiri pada daging buahnya. 

Ekstrak minyak pada kulit jeruk nipis, yang mengandung kaempferol dan flavonoid, memiliki sifat antikongestif dan sering digunakan sebagai inhaler, balsem, dan alat uap.

Menurunkan resiko kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat memperlancar pencernaan serta meningkatkan laju metabolisme tubuh. 

Percepatan laju metabolisme tersebut berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak. Selanjutnya, metabolisme tubuh yang meningkat ini akan mengurangi penyimpanan lemak.

Mencegah penyakit asam urat

Tubuh secara alami akan menghasilkan asam urat untuk memecah purin yang terdapat di dalam makanan, seperti daging, jeroan, dan boga bahari (seafood). 

Ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi, akan terjadi peradangan pada sendi yang dikenal sebagai penyakit asam urat atau gout.

Jeruk nipis memiliki manfaat mencegah penyakit asam urat. Ini berkat kandungan vitamin C dalamnya. Vitamin ini akan mengurangi peradangan dan pembentukan asam urat.

Bagi penderita penyakit asam urat, sebaiknya tetap rutin minum air jeruk nipis untuk mengurangi peradangan. Mengonsumsi jeruk nipis akan membantu mengurangi gejala asam urat, seperti nyeri sendi, yang Anda alami.

Baca Juga: 4 Manfaat Rutin Minum Air Putih Hangat Setiap Hari, Mulai Terapkan Sekarang

Menurunkan dan mencegah diabetes gula darah

Jeruk nipis menjadi buah yang baik bagi penderita diabetes. Alasannya, jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah.

Tidak hanya itu, vitamin C dalam jeruk nipis juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Supaya manfaat jeruk nipis untuk kesehatan ini maksimal, jangan menambahkan gula saat mengolah minuman menggunakan jeruk nipis.

Menjaga kesehatan kulit

Jeruk nipis memiliki sejumlah kandungan yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit, mulai dari vitamin C yang penting untuk pembentukan kolagen, hingga antioksidan yang membantu melawan tanda-tanda penuaan. 

Sebuah studi terhadap tikus menemukan bahwa minum air jeruk nipis berdampak positif terhadap tanda-tanda penuaan, termasuk dengan mengurangi kerutan dan meningkatkan produksi kolagen. 

Faktanya, manfaat jeruk nipis untuk wajah tak hanya untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, tetapi juga untuk membantu mencerahkan kulit, meredakan jerawat, mengecilkan pori-pori, hingga menghilangkan kulit mati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negotiation For Everyone Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×