kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.405.000   -9.000   -0,64%
  • USD/IDR 15.370
  • IDX 7.722   40,80   0,53%
  • KOMPAS100 1.176   5,28   0,45%
  • LQ45 950   6,41   0,68%
  • ISSI 225   0,01   0,00%
  • IDX30 481   2,75   0,57%
  • IDXHIDIV20 584   2,72   0,47%
  • IDX80 133   0,62   0,47%
  • IDXV30 138   -1,18   -0,84%
  • IDXQ30 161   0,48   0,30%

8 Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan, Efektif!


Senin, 26 Februari 2024 / 16:07 WIB
8 Cara Mencegah Flu Saat Musim Hujan, Efektif!
ILUSTRASI. Pilek dan flu


Penulis: Ryan Suherlan

Cara Mencegah Flu - Ada beragam cara mencegah flu saat mudim hujan yang bisa dilakukan dengan mudah dan perlu diketahui. Pasalnya, flu adalah salah satu penyakit yang rentang menyerang dan tidak boleh dianggap sepele.

Melansir dari NDTV, Influenza, umumnya dikenal sebagai flu, adalah penyakit pernapasan akibat virus yang disebabkan oleh virus influenza. Biasanya mempengaruhi hidung, tenggorokan, dan terkadang paru-paru. Gejala influenza dapat berupa demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri badan, kelelahan, dan sakit kepala.

Musim hujan seringkali menjadi musim yang rentan terhadap penyebaran penyakit flu. Cuaca yang dingin dan lembab menciptakan lingkungan yang ideal bagi virus flu untuk berkembang biak. Namun, dengan beberapa langkah pencegahan sederhana, Anda dapat mengurangi risiko terkena flu.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

Berikut adalah beberapa cara efektif untuk mencegah flu di musim hujan:

1. Cuci Tangan dengan Rutin

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air menghilangkan kuman dan virus yang menempel pada tangan. Pastikan untuk mencuci tangan setelah beraktivitas di luar ruangan atau setelah bersentuhan dengan benda yang banyak disentuh orang lain.

Baca Juga: Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Maret 2024, Apa Saja?

2. Jaga Kebersihan Lingkungan

Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh seperti gagang pintu, remote TV, dan meja dengan disinfektan dapat membantu mengurangi penyebaran virus flu di lingkungan Anda.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Makan makanan bergizi dan seimbang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap infeksi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, serta cukup cairan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga: Simak Perbedaan Angin Puting Beliung, Tornado dan Siklon, Ini Penjelasan BMKG

4. Hindari Kontak dengan Orang yang Sedang Sakit

Usahakan untuk menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit flu. Jika Anda sendiri sedang sakit, sebaiknya tinggal di rumah dan istirahat untuk mencegah penyebaran virus kepada orang lain.

5. Gunakan Masker Wajah

Menggunakan masker wajah saat berada di tempat umum dapat membantu melindungi Anda dari percikan dahak atau droplet yang mengandung virus flu.

6. Rutin Berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, sehingga membuat Anda lebih tahan terhadap serangan virus flu.

Baca Juga: 6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?

7. Terapkan Etika Batuk dan Bersin yang Baik

Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu atau siku bagian dalam untuk mencegah penyebaran virus ke orang lain di sekitar Anda.

8. Segera Dapatkan Vaksinasi Flu

Vaksinasi flu adalah cara paling efektif untuk mencegah penyakit flu. Pastikan untuk mendapatkan vaksinasi setiap tahun, terutama menjelang musim flu.

Dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan di atas, Anda dapat mengurangi risiko terkena flu di musim hujan. Tetaplah menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, serta jaga pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh Anda tetap optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mudah Menagih Hutang Penyusunan Perjanjian & Pengikatan Jaminan Kredit serta Implikasi Positifnya terhadap Penanganan Kredit / Piutang Macet

[X]
×