kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,20   -2,73   -0.28%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin


Minggu, 10 Desember 2023 / 13:05 WIB
7 Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin
ILUSTRASI. Buah bit


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat buah bit bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan menarik diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah bit juga perlu diperhatikan serta perlu dikonsumsi secara rutin.

Buah bit, dengan warna merah cerahnya yang khas, tidak hanya memberikan sentuhan warna pada hidangan, tetapi juga menyimpan beragam manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah ini telah terbukti memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Manggis?

Merangkum dari Healthline, berikut manfaat buah bit bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Buah bit mengandung senyawa antioksidan, terutama betalain dan betasianin, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, folat, dan betasianin dalam buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol, sehingga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Konsumsi rutin buah bit dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan menjaga fungsi jantung yang optimal.

3. Menyokong Fungsi Otak

Betasianin, senyawa antioksidan yang ditemukan dalam buah bit, telah terbukti dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi sel-sel saraf. Hal ini dapat meningkatkan fungsi kognitif, meningkatkan daya ingat, dan membantu mencegah penurunan fungsi otak terkait usia.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

4. Mendukung Sistem Pencernaan

Buah bit mengandung serat makanan, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang berkontribusi pada kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Stamina dan Energi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah bit dapat meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Kandungan nitrat alami dalam buah ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan oksigen selama aktivitas fisik, sehingga bermanfaat bagi atlet atau individu yang aktif secara fisik.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

6. Regulasi Gula Darah

Buah bit mengandung kadar gula yang rendah dan indeks glikemik yang stabil, membuatnya cocok untuk orang dengan diabetes atau yang memerlukan regulasi gula darah. Serat dalam buah bit juga membantu mengontrol penyerapan gula oleh tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

7. Pemeliharaan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan lutein dalam buah bit bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Zat-zat ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu mencegah gangguan mata terkait usia.

Buah bit bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dengan manfaat kesehatan. Dengan mengintegrasikan buah bit ke dalam pola makan sehari-hari, Anda dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan fungsi otak, dan memberikan dukungan kesehatan yang komprehensif bagi tubuh Anda. Jangan ragu untuk menambahkan buah bit ke dalam salad, jus, atau makanan sehat lainnya untuk mendapatkan manfaat optimal.

Selanjutnya: Bank DKI Dorong Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan UMKM

Menarik Dibaca: Jelang Natal & Tahun Baru, Ini 5 Tips Liburan Hemat dengan Uang Terkontrol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×