kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui


Jumat, 08 Desember 2023 / 14:25 WIB
8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui
ILUSTRASI. Buah mangga


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Mangga - Banyak manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang penting diketahui dan sayang jika terlewatkan. Tidak hanya itu, manfaat buah mangga juga telah teruji secara klinis.

Buah mangga (Mangifera indica) bukan hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang memberikan sejumlah manfaat positif bagi kesehatan tubuh. 

Dengan kombinasi vitamin, mineral, dan antioksidan, mangga tidak hanya menjadi camilan yang enak tetapi juga menyumbang pada kesejahteraan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

Merangkum dari Everyday Health, berikut manfaat buah mangga bagi kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi Penting

Mangga adalah sumber nutrisi yang sangat baik, mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin B kompleks seperti B6, B5, dan B3. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan mata, kulit, sistem kekebalan tubuh, dan perkembangan sel darah.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam mangga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan membantu mencegah penyakit-penyakit tertentu. Selain itu, vitamin A dalam mangga juga penting untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan meningkatkan ketahanan terhadap infeksi.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Buah mangga mengandung beta-karoten, yang diperlukan untuk produksi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A memiliki peran kritis dalam menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Membantu Pencernaan

Serat yang tinggi dalam mangga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit, dan mendukung kesehatan usus. Ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit usus seperti divertikulitis.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam mangga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kalium membantu menjaga tekanan darah dalam batas normal, sedangkan antioksidan melawan peradangan dan stres oksidatif yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!

6. Menyediakan Energi

Mangga mengandung gula alami, fruktosa, dan glukosa yang memberikan energi instan. Ini membuat buah ini menjadi camilan sehat yang memberikan dorongan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

7. Mendukung Kesehatan Kulit

Vitamin C dan vitamin E dalam mangga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu produksi kolagen yang penting untuk kekenyalan kulit, sementara vitamin E melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

8. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan kalium dalam mangga membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit yang seimbang penting untuk fungsi normal sel dan jaringan, termasuk jantung dan otot.

Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang ditawarkan, menambahkan mangga ke dalam pola makan sehari-hari dapat menjadi langkah positif untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, konsumsi mangga sebaiknya seimbang dan dalam batas yang wajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×