kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kurangi Kolesterol dan Cegah Anemia, 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh


Selasa, 31 Oktober 2023 / 11:41 WIB
Kurangi Kolesterol dan Cegah Anemia, 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh
Kurangi Kolesterol dan Cegah Anemia, Inilah 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh.


Penulis: Mega Putri

KONTAN.CO.ID - Buah mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya adalah mengurangi kolesterol dan mencegah anemia. Ini manfaat buah mangga bagi tubuh yang perlu diketahui.

Tidak kalah populer dari apel maupun alpukat, Mangga adalah buah yang mudah dijumpai di tengah masyarakat Indonesia. Pohon buah mangga juga mudah dijumpai di banyak rumah masyarakat Indonesia di desa maupun di kota.

Selain itu, harga buah mangga yang terjangkau dan rasanya yang manis membuat buah ini menjadi favorit banyak orang. Buah mangga bisa dikonsumsi secara langsung setelah dikupas atau dijus dan dijadikan tambahan masakan.

Ternyata buah mangga yang manis tersebut memiliki banyak nutrisi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut sederet manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: Jadwal Tayang The Marvels di Bioskop & Durasi Filmnya, Nantikan Akting Park Seo Joon

Buah Mangga Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat buah mangga yang pertama adalah membantu meningkatkan kesehatan kulit. Menjaga kesehatan kulit tidak hanya dengan pemakaian produk skincare saja. Anda juga bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan buah mangga.

Buah mangga yang mengandung antioksidan bisa mengurangi dampak paparan sinar matahari sekaligus membantu mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah mangga membantu produksi kolagen alami dalam tubuh.

Sementara, kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah mangga bisa membantu mengobati jerawat pada kulit wajah. Buah mangga juga bisa ditambahkan dalam variasi menu makanan diet yang sehat bagi tubuh.

Buah Mangga Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat buah mangga yang kedua adalah mengurangi resiko kanker dalam tubuh. Melansir Healtline, buah mangga yang mengandung polifenol dalam biji hingga daun dan kulitnya bisa membantu mengurangi resiko kanker.

Polifenol merupakan bahan kimia yang disintesis alami oleh tanaman. Polifenol dalam buah mangga disebut mangiferin bekerja sebagai antioksidan. Ini yang membuat mangga bisa kurangi resiko kanker kulit, usus besar, payudara dan serviks.

Baca Juga: Pemain Drakor Castaway Diva & Link Nonton Sub Indo, Ada Chae Jong Hyeop-Park Eun Bin

Buah Mangga untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah mangga mengandung banyak vitamin C, vitamin A, dan vitamin B6 bagus untuk daya tahan tubuh. Vitamin A membantu kesehatan reproduksi, vitamin B6 membantu perkembangan otak, dan vitamin C menguatkan daya tahan tubuh.

Buah Mangga Menjaga Kadar Gula Darah

Vitamin B6 dalam buah mangga tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan otak yang berfungsi membuat antibodi untuk kekebalan tubuh. Buah mangga juga membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap normal.

Ini karena vitamin B6 dalam buah mangga bermanfaat untuk membantu produksi hemoglobin untuk membawa oksigen dalam sel darah merah ke seluruh tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah mangga bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Drakor Rating Tertinggi di Minggu Keempat Oktober 2023, Ada Castaway Diva

Buah Mangga untuk Mengurangi Kolesterol

Manfaat buah mangga selanjutnya adalah mengurangi kadar kolesterol dalam darah, khususnya kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). Berkurangnya kadar kolesterol dalam darah akan membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Buah Mangga untuk Mencegah Anemia

Buah mangga mengandung banyak vitamin C dan zat besi. Vitamin C dalam buah mangga membantu penyerapan zat besi dari makanan dan sayuran untuk mencegah penyakit anemia. Zat besi juga dibutuhkan oleh wanita setelah menopause atau ibu hamil.

Baca Juga: Usai Doona Dibintangi Suzy, Ini 2 Drama Korea Terbaru di Netflix November 2023

Buah Mangga untuk Melancarkan Pencernaan

Banyak buah yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, salah satunya adalah buah mangga. Ini karena buah mangga mengandung banyak serat sekaligus senyawa amilase untuk hancurkan makanan di perut untuk mencegah sembelit.

Buah Mangga untuk Kesehatan Mata

Sumber makanan yang populer untuk kesehatan mata adalah sayur wortel. Namun, jangan lupakan manfaat buah mangga yang bagus untuk kesehatan mata. Menurut situs Eye Clinic London, mangga memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin.

Kedua nutrisi itu berfungsi menjadi pelindung alami bagi mata dari banyaknya cahaya dan cahaya biru yang masuk ke retina. Nah, jangan lupa untuk sering mengonsumsi buah mangga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×