kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan Jantung hingga Pencegahan Kanker


Selasa, 31 Oktober 2023 / 09:05 WIB
Ini 5 Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan Jantung hingga Pencegahan Kanker
ILUSTRASI. Biji Rami atau Flax?Seed


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip sederet manfaat biji rami untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda kenali. Salah satu topping dalam konsumsi oatmeal dan yogurt ini memiliki khasiat yang menakjubkan.

Biji rami, yang juga dikenal sebagai biji rami (flaxseed) dalam bahasa Inggris, adalah biji yang berasal dari tanaman rami (Linum usitatissimum).

Tanaman rami adalah tanaman tahunan yang dikenal karena seratnya yang digunakan dalam pembuatan kain linen.

Biji rami dikenal karena kandungan nutrisi yang kaya, terutama serat, asam lemak omega-3, protein, dan lignan. Sehingga, biji ini diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan yang cukup baik dikonsumsi.

Baca Juga: Meski Pahit, Ini 8 Manfaat Pare untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Untuk itu, Anda perlu mengenal nutrisi yang terkandung dalam biji rami untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi biji rami

Oatmeal

Berikut adalah beberapa karakteristik biji rami:

  • Serat: Biji rami mengandung serat diet yang tinggi, terutama serat larut, yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Asam Lemak Omega-3: Biji rami merupakan salah satu sumber tumbuhan terbaik asam lemak omega-3, yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan jantung dan fungsi otak.
  • Protein: Biji rami mengandung protein nabati yang baik dan merupakan sumber yang baik bagi vegetarian dan vegan.
  • Lignan: Biji rami mengandung lignan, senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan fitoestrogen. Lignan dalam biji rami telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan seperti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
  • Kalsium, Magnesium, dan Fosfor: Biji rami mengandung mineral penting seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang mendukung kesehatan tulang dan sistem saraf.
  • Vitamin dan Mineral Lainnya: Biji rami juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral lainnya, termasuk vitamin B kompleks, vitamin E, dan seng.

Biji rami sering digunakan sebagai tambahan dalam makanan dan minuman, termasuk dalam smoothie, sereal, yoghurt, atau sebagai bahan pengganti telur dalam hidangan vegan. Biji rami dapat digiling menjadi bubuk (flaxseed meal).

Baca Juga: Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Prostat yang Wajib Dikonsumsi

Manfaat biji rami

Nah, Anda perlu juga mengenal manfaat biji rami untuk kesehatan selain dari kandungan nutrisinya.

Intip daftar manfaat biji rami atau flax seed untuk kesehatan tubuh dilansir dari laman Health.

1. Kesehatan pencernaan

Penelitian ungkap dalam 4 sendok makan biji rami menyediakan 27% dari asupan serat harian yang direkomendasikan. Ini merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan yang membuat Anda merasa kenyang lebih cepat dan mencegah sembelit.

Selain itu, biji rami mengandung serat larut dan tidak larut, yang masing-masing bisa membantu pergerakan usus saat mencerna makanan.

2. Kontrol berat badan

Komponen serat larut dalam biji rami disebut lendir mengandung 35% –45% serat. Ketika dicampur dengan air, lendir membentuk konsistensi seperti gel.

Ini memperlambat kecepatan makanan melewati perut Anda sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. 45 penelitian dan menemukan bahwa makan biji rami utuh dikaitkan dengan penurunan berat badan dan ukuran pinggang yang signifikan

3. Kontrol gula darah

Sebuah penelitian pada 41 orang dengan obesitas dan pra-diabetes 13 gram, 26 gram, atau 0 gram biji rami setiap hari selama 12 minggu.

Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi 13 gram biji rami per hari melihat penurunan kadar gula darah terbesar. Bahkan ini juga berpengaruh pada peningkatan paling signifikan dalam sensitivitas insulin.

Gula darah (glukosa) yang tinggi dapat mengindikasikan adanya penyakit, seperti diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko glukosa darah tinggi.

Sehingga, Anda bisa konsumsi biji rami secara rutin untuk mendapatkan manfaat signifikan.

4. Pencegahan kanker

Meskipun tidak ada satu pun makanan atau suplemen yang dapat mencegah kanker, penelitian menunjukkan biji rami dapat mengurangi risiko atau penyebaran kanker tertentu.

Kandungan serat biji rami yang tinggi dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker kolorektal. Untuk setiap tambahan 10 gram serat yang dikonsumsi, terdapat penurunan risiko kanker kolorektal sebesar 7%.

Kanker yang paling banyak dipelajari sehubungan dengan konsumsi biji rami adalah kanker payudara baik pada pria maupun wanita.

5. Pencegahan penyakit jantung

Biji rami dapat melindungi kesehatan jantung dengan beberapa cara, sebagian besar dengan memengaruhi faktor risiko penyakit jantung.

Sehingga, penelitian turut ungkap bahwa manfaat biji rami untuk kesehatan bisa menurunkan tekanan darah.

Analisis terhadap 15 penelitian yang dipublikasikan oleh Clinical Nutrition yakni biji rami bisa menurunkan tekanan darah. Hal ini akan signifikan bila dikonsumsi selama 12 minggu atau lebih.

Risiko konsumsi biji rami

Biji rami juga mengandung sejumlah kecil racun potensial seperti sianida. Konsumsi rami sangat kecil kemungkinannya menyebabkan keracunan sianida karena kadarnya sangat rendah.

Bahkan, tubuh dapat mendetoksifikasi sianida dalam jumlah yang sama kecilnya dengan yang ditemukan dalam biji rami.  Selain itu, memasak biji rami akan menghancurkan bahan kimia tersebut.

Apabila Anda sedang hamil atau menyusui, Anda mungkin perlu berhati-hati dan menghindari biji rami untuk sementara waktu.

Diperlukan lebih banyak penelitian, namun biji rami memiliki beberapa efek hormonal dan mungkin tidak aman akibat alergi.

Penting untuk diingat bahwa biji rami harus dihancurkan atau digiling untuk mengakses nutrisinya, karena cangkang biji rami keras dan tubuh manusia tidak dapat mencerna cangkang biji ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×