kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.461.000   0   0,00%
  • USD/IDR 15.130   40,00   0,26%
  • IDX 7.697   -47,60   -0,61%
  • KOMPAS100 1.196   -13,16   -1,09%
  • LQ45 960   -10,60   -1,09%
  • ISSI 231   -1,75   -0,75%
  • IDX30 493   -3,97   -0,80%
  • IDXHIDIV20 592   -5,69   -0,95%
  • IDX80 136   -1,30   -0,95%
  • IDXV30 143   0,32   0,23%
  • IDXQ30 164   -1,28   -0,77%

Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Prostat yang Wajib Dikonsumsi


Senin, 30 Oktober 2023 / 09:35 WIB
Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Prostat yang Wajib Dikonsumsi
ILUSTRASI. Ini 6 Makanan untuk Kesehatan Prostat yang Wajib Dikonsumsi Pria


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kenali makanan yang menyehatkan prostat dari berbagai penyakit. Kondisi kesehatan prostat berkaitan dengan kesehatan pria.

Prostat adalah sebuah kelenjar yang hanya ditemukan pada pria dan terletak di bawah kandung kemih. Kelenjar prostat berperan dalam memproduksi sebagian cairan semen yang melindungi dan mengangkut sperma.

Kesehatan prostat sangat penting, dan berbagai masalah prostat, seperti pembesaran prostat (hiperplasia prostat) atau kanker prostat, dapat memengaruhi kesehatan pria.

Makanan yang sehat untuk prostat adalah makanan yang mendukung kesehatan prostat dan dapat membantu mengurangi risiko masalah prostat.

Baca Juga: 4 Gejala Sakit Maag yang Mengganggu dan Rekomendasi Teh untuk Meredakannya

Kanker prostat

Makanan untuk kesehatan prostat

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk mendukung kesehatan prostat yang perlu Anda konsumsi.

Selain makanan, menjaga berat badan yang sehat dan mengadopsi gaya hidup yang seimbang adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan prostat.

Hindari makanan tinggi lemak jenuh, makanan cepat saji, dan gula tambahan, karena mereka dapat berdampak negatif pada kesehatan prostat dan kesehatan umum.

Simak daftar makanan yang menyehatkan prostat dilansir melalui laman Healthline.

Baca Juga: 9 Manfaat Rutin Konsumsi Jeruk Nipis yang Menakjubkan, Pas Buat Diabetes & Asam Urat

1. Tomat

Salah satu makanan yang menyehatkan prostat adalah Tomat. Dalam sebuah Tomat mengandung likopen, antioksidan yang dikenal dapat melindungi prostat.

Proses memasak tomat, seperti dalam saus tomat, dapat meningkatkan kandungan likopen yang tersedia.

2. Brokoli

Sayuran seperti Brokoli besertasayuran cruciferous lain seperti kubis, kale, dan kembang kol, mengandung senyawa-senyawa seperti sulforaphane yang telah dikaitkan dengan perlindungan prostat.

Beberapa penelitian menunjukkan ada hubungan antara jumlah sayuran yang Anda makan (termasuk brokoli) dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Para peneliti mengusulkan bahwa beberapa fitokimia dalam sayuran ini termasuk sulforaphane, yang mengandung kecambah brokoli dalam jumlah terkonsentrasi yang membunuh sel-sel kanker sambil menjaga sel-sel prostat normal tetap sehat dan tidak terpengaruh.

3. Makanan Berserat

Serat makanan, terutama yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan, yang dapat berdampak positif pada prostat.

4. Jus buah delima

Jus delima mempunyai reputasi sebagai buah super karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis yang berhubungan dengan stres oksidatif.

NCI mengatakan bahwa jus delima dan beberapa komponen bioaktifnya dapat membantu menghambat proliferasi sel kanker prostat. Penelitian pada hewan dan tabung reaksi menemukan bahwa jus dan ekstrak buah delima menghambat produksi beberapa sel kanker prostat.

5. Teh Hijau

Adapun, Teh hijau mengandung katekin, senyawa yang telah dikaitkan dengan perlindungan prostat.  Orang-orang telah menggunakan teh hijau karena manfaat kesehatannya selama ribuan tahun.

Peneliti telah melakukan banyak penelitian tentang pengaruhnya terhadap kanker. Bukti menunjukkan bahwa senyawa khusus dalam teh hijau dapat mengurangi risiko kanker prostat dengan mempengaruhi pertumbuhan tumor, kematian sel, dan sinyal hormon.

Senyawa berikut dapat menjelaskan manfaat teh hijau bagi kesehatan seperti turunan xanthine dan epigallocationchin gallate (EGCG).

6. Ikan laut

Lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6, merupakan asam lemak esensial yang hanya ditemukan dalam makanan..

Pola makan tradisional Barat mengandung banyak asam lemak omega-6 tetapi tidak banyak omega-3. Memiliki keseimbangan asam lemak omega-3 dan omega-6 dikaitkan dengan hasil kesehatan yang lebih baik (18).

Penelitian telah melaporkan bahwa meskipun mungkin ada hubungan antara konsumsi lemak omega-3 yang lebih tinggi dan risiko lebih rendah terkena kanker prostat tingkat tinggi dan kematian akibat kanker prostat, diperlukan lebih banyak penelitian, terutama penelitian pada manusia.

Penting juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika Anda memiliki riwayat keluarga atau risiko tertentu terkait prostat, seperti riwayat kanker prostat dalam keluarga.

Demikian informasi terkait makanan untuk kesehatan prostat yang bisa dikonsumsi sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Sales Mastery [Mau Omzet Anda Naik? Ikuti Ini!] Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×