kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,47   6,12   0.66%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Manggis?


Jumat, 08 Desember 2023 / 14:30 WIB
7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Manggis?
ILUSTRASI. Manggis


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Manggis - Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui. Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buah manggis juga perlu diperhatikan.

Buah manggis, yang berasal dari pohon Garcinia mangostana, telah dikenal sebagai buah tropis yang kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Buah ini tidak hanya lezat, tetapi juga mengandung senyawa-senyawa penting yang dapat memberikan dampak positif pada kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

Merangkum dari Healtline, ini manfaat buah manggis bagi kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Buah manggis dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan tertinggi di dunia. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan serta berbagai penyakit. Senyawa antioksidan utama yang terdapat dalam manggis adalah xanthones, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Durian Bagi Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan xanthones dalam buah manggis telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung. Xanthones dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengontrol tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan melawan peradangan dalam pembuluh darah.

3. Antiinflamasi Alami

Buah manggis memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Xanthones dalam manggis telah menunjukkan potensi untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit kronis seperti arthritis dan penyakit radang usus.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Menyehatkan Kulit

Kandungan antioksidan dalam manggis dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan faktor lingkungan lainnya.

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Buah manggis mengandung vitamin C, yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan penting dalam produksi sel darah putih, yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!

6. Potensi Anti Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa xanthones dalam manggis memiliki potensi anti kanker. Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, hasil-hasil ini menunjukkan bahwa manggis dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menghambat penyebarannya.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

7. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan meningkatkan kontrol gula darah. Ini membuat buah manggis menjadi pilihan yang menarik dalam pengelolaan risiko diabetes.

Buah manggis bukan hanya camilan lezat, tetapi juga merupakan tambahan yang bermanfaat untuk diet sehat. Kandungan antioksidan tinggi, sifat antiinflamasi, dan nutrisi lainnya membuat manggis menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Meskipun demikian, penting untuk mencatat bahwa manfaat ini sebaiknya diimbangi dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Sebelum mengubah diet atau regimen kesehatan, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×