kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi dengan Benar


Kamis, 08 Juni 2023 / 12:21 WIB
7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi dengan Benar
ILUSTRASI. Manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Beragam manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi dan diolah dengn benar. Selain itu, manfaat buah bit juga telah teruji secara klinis khasiatnya.

Selain itu saking banyak manfaatnya, tak jarang buah bit kerap dijadikan bahan ramuan untuk berbagai jenis obat herbal dan tradisional.

Manfaat yang diberikan buah bit berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan buah bit mengansung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Simak Yuk 5 Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

Contohnya seperti vitamin C, kalium, magnesium, folat, mineral, natrium, karbohidrat, protein, zat besi dan masih banyak lagi kandungan nutrisi buat bit lain.

Pada dasarnya, bit termasuk ke dalam kategori umbi-umbian. Namun, karena bentuk dan warnanya yang mencolok bit sering disangka buah, oleh karena itu disebut buah bit. 

Lalu apa saja manfaat dari buah bit untuk kesehatan? 

Berikut beberapa manfaat buah bit yang dilansir dari HealthifyMe: 

1. Mencegah Kerusakan Sel

Buah bit mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat membantu mempertahankan kerusakan sel. Selain itu antioksidan dalam buah bit juah membantu tubuh dalam melawan berbagai radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca Juga: 6 Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi buah bit bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pasalnya, buah bit mengandung oksida nitrat yang mampu meningkatkan perdusi darah dalam jaringan serta membuat pembuluh darah rileks.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan oksida nitrat yang terjadi setelah makan buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada orang sehat.

3. Mencegah Anemia

Banyak mungkin yang tidak percaya bahwa warna merah buah bit dapat membantu mencegah anemia. Namun hal tersebut benar nyatanya, jus buah bit mengandung banyak zat besi dan asam folat. 

Kandungan tersebut yang membantu dalam pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh untuk memastikan jumlah darah yang sehat.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan Tubuh

4. Meningkatkan Kinerja Atletik

Buah bit mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja atletik Anda. 

Khususnya saat Anda mengkonsumsi buah bit dapat membantu meningkatkan energi sehingga dapat berlari lebih cepat, lebih lama hanya dengan sedikit tenaga.

5. Membantu saat Sembelit

Buah bit merupakan salah satu tanaman yang mengandung banyak serat. Hal tersebut bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Sehingga memudahkan Anda saat buang air besar dan terhindar dari sembelit.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Mentah

6. Menjaga Kesehatan Otak 

Buah bit juga mengandung cukup banyak boron, yang berhubungan dengan produksi hormon seks manusia, membantu meningkatkan fungsi otak dan daya konsentrasi.

Oksida nitrat dan boron yang ditemukan dalam buah bit efektif untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan fungsi kognitif seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Labu Untuk Kesehatan Jika Diolah Dengan Benar

7. Membantu Detoksifikasi

Manfaat buah bit selanjutnya secara alami dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dari racun berbahaya dengan bantuan kelompok fitonutrien yang disebut betalains. 

Betalains hadir dalam buah bit bermanfaat untuk memurnikan darah, kulit, hati dan meningkatkan fungsi tubuh sehingga melindungi dari peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×