kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan Tubuh


Rabu, 07 Juni 2023 / 12:42 WIB
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Biji Wijen - Ada berbagai manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui kebanyakan orang. Meski tidak sepopuler jenis rempah lainnya, manfaat biji wijen tidak perlu diragukan khasiatnya.

Dengan begitu manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, biji wijen juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam biji wijen di antaranya seperti protein, karbohidrat, magnesium, kalium, zat besi dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Manfaat Petai untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Mentah

Selain itu, biji wijen kerap dimanfaatkan untuk dijadikan topping makanan, seperti kue, roti dan berbagai makanan lainnya. 

Lalu apa saja manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari Only My Health, berikut beberapa manfaat biji wijen untuk kesehatan: 

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mampu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, biji wijen mengandung cukup banyak kalsium, seng, asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

2. Melancarkan Pencernaan

Selain baik tulang, biji wijen juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan biji wijen mengandung cukup banyak serat tinggi yang membantu melancarkan buang air besar.

3. Melawan Infeksi

Biji wijen juga dikenal mempunyai banyak antioksidan yang mampu melawan infeksi dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dengan memperlambat kerusakan sel. 

Tidak hanya itu, sifat antibakteri dari biji wijen terbukti sangat membantu dalam melawan berbagai penyakit bakteri seperti jamur kulit seperti kutu air dan penyakit seperti radang tenggorokan dan infeksi staph.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Pakcoy Untuk Kesehatan Jika Rajin Dimakan Sehari-hari

4. Menjaga Tekanan Darah Normal

Manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh lainnya adalah mampu menjaga tekanan darah normal. Kandungan magnesium yang relatif tinggi mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan, Punya Banyak Protein Loh

5. Meredakan Nyeri 

Manfaat biji wijen untuk kesehatan tubuh yang tak boleh terlewatkan yaitu juga berperan aktif meredakan nyeri. Pasalnya, biji wijen termasuk salah satu jenis rempah yang memiliki banyak mineral yang dapat meredakan nyeri sendi dan mencegah kondisi seperti rheumatoid arthritis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×