kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui


Rabu, 19 Juli 2023 / 12:48 WIB
4 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga bisa menaikkan kadar hemoglobin (HB) dalam darah sehingga dapat mencegah anemia


Penulis: Virdita Ratriani

Manfaat Buah Bit - Buah bit adalah buah yang mengandung antioksidan tinggi sehingga baik untuk kesehatan dan ibu hamil. Manfaat buah bit untuk ibu hamil yang paling dikenal adalah membantu menaikkan kadar hemoglobin (HB) dalam darah.

Manfaat buah bit tersebut dapat mencegah ibu hamil mengalami anemia defisiensi zat besi. Selain itu, buah bit juga tinggi asam folat yang baik untuk perkembangan janin. 

Lantas, apa saja manfaat buah bit untuk ibu hamil?

Baca Juga: Tips Menurunkan Darah Tinggi Tanpa Obat, Coba Minum Jus Penurun Darah Tinggi Ini

Manfaat buah bit untuk ibu hamil 

Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga bisa membantu mencegah cacat lahir pada bayi.

Dirangkum dari buku "Manfaat Buah" (2018), berikut sejumlah manfaat buah bit untuk ibu hamil: 

1. Membantu menaikkan kadar HB pada ibu hamil

Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga bisa menaikkan kadar hemoglobin (HB) dalam darah sehingga dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia defisiensi zat besi, merupakan masalah yang kerap terjadi pada ibu hamil. 

Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi zat besi minimal 30 sampai 60 mg per hari. Buah bit adalah salah satu sumber alami zat besi yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

Zat besi dalam buah bit dapat memperbaiki kadar hemoglobin atau sel darah merah yang berguna menyuplai oksigen ke tubuh dan mengurangi risiko terkena anemia. 

Baca Juga: Apa Saja Khasiat Buah Apel untuk Tubuh?

2. Mencegah cacat lahir 

Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga bisa membantu mencegah cacat lahir pada bayi. Studi di Inggris menyebutkan bahwa buah bit mengandung asam folat tinggi yang bermanfaat untuk perkembangan janin dalam kandungan. 

Selain itu, buah bit juga bisa mencegah masalah di plasenta karena dapat meningkatkan aliran darah yang melintasi plasenta lewat nitrat yang ada dalam buah bit. 

Baca Juga: 8 Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

3. Menjaga imunitas ibu hamil 

Ibu hamil rentang terserang penyakit, oleh sebab itu penting bagi ibu hamil untuk menjaga kekebalan tubuhnya. Dengan menjaga imunitas atau sistem kekebalan tubuhnya, maka penyakit tidak mudah menyerang tubuh. 

Nah, manfaat buah bit untuk ibu hamil dapat membantu menjaga sistem imun dalam tubuh karena kaya akan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Menurunkan kadar kolesterol 

Manfaat buah bit untuk ibu hamil juga bisa kadar kolesterol dalam darah. Saat hamil, biasanya berat badan akan melonjak. 

Terkadang, peningkatan berat badan juga diikuti dengan kenaikan kolesterol. Nah, buat bit dipercaya dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah. 

Demikian sejumlah manfaat buah bit untuk ibu hamil yang perlu diketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×