kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Luar Biasa


Jumat, 08 Desember 2023 / 13:15 WIB
Kenali 8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Luar Biasa
ILUSTRASI. Manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Buah Kelengkeng - Ada sejumlah manfaat buah kelengkeng bagi kesehatan tubuh yang luar biasa dan penting diketahui. Tidak hanya itu, manfaat buah kelengkeng juga tidak perlu diragukan lagi.

Buah kelengkeng (Dimocarpus longan) adalah buah yang berasal dari Asia, terkenal dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang segar. 

Tidak hanya lezat, kelengkeng juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

Merangkum dari WebMD, ini manfaat buah kelengkeng:

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Buah kelengkeng mengandung senyawa antioksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan polifenol. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan memicu penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam kelengkeng berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan produksi sel darah putih, buah ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam kelengkeng juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu produksi kolagen, suatu protein yang diperlukan untuk menjaga elastisitas dan kelembaban kulit. Mengonsumsi kelengkeng secara teratur dapat membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kulit tetap sehat.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Membantu Pencernaan

Buah kelengkeng mengandung serat diet yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit, menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit usus.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A dalam kelengkeng berperan penting dalam menjaga kesehatan mata. Ini membantu mencegah masalah mata seperti rabun senja dan katarak, serta menjaga mata tetap sehat.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!

6. Menyehatkan Jantung

Buah kelengkeng mengandung potasium, mineral yang mendukung fungsi jantung. Konsumsi potasium yang cukup dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Menyediakan Energi

Buah kelengkeng mengandung karbohidrat dan gula alami, yang dapat memberikan energi instan. Ini membuat kelengkeng menjadi pilihan camilan sehat untuk meningkatkan stamina dan mengatasi rasa lelah.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan mineral seperti fosfor, magnesium, dan mangan dalam kelengkeng berperan dalam membangun dan memelihara kesehatan tulang. Mineral-mineral ini mendukung pertumbuhan tulang dan mencegah risiko osteoporosis.

Buah kelengkeng bukan hanya lezat, tetapi juga merupakan tambahan yang baik untuk pola makan sehat. Dengan berbagai nutrisi dan manfaat kesehatan yang dimilikinya, mengonsumsi kelengkeng secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, seperti halnya dengan semua makanan, konsumsi dalam jumlah yang moderat tetap dianjurkan untuk mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×