kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga


Jumat, 08 Desember 2023 / 14:25 WIB
Kenali 7 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Leci


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Leci - Terdapat berbagai manfaat leci bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara mengkonsumsi leci juga perlu diperhatikan.

Leci, atau yang dikenal juga sebagai mata kucing, merupakan buah tropis yang lezat dan penuh dengan manfaat bagi kesehatan. 

Buah ini berasal dari wilayah Asia Tenggara dan sering dijadikan camilan yang menyegarkan. Selain rasanya yang enak, leci juga kaya akan nutrisi yang memberikan kontribusi positif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat leci bagi kesehatan tubuh:

1. Sumber Antioksidan Tinggi

Leci mengandung antioksidan seperti polifenol dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penuaan dini dan penyakit kronis.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam leci memiliki peran penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi leci secara teratur, Anda dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Leci mengandung nutrisi seperti beta-karoten, zeaxanthin, dan lutein, yang penting untuk kesehatan mata. Nutrisi ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan membantu mencegah gangguan mata terkait usia, seperti katarak.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat yang tinggi dalam leci dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Selain itu, kalium dalam leci dapat membantu menjaga tekanan darah normal, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C dalam leci juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu dalam pembentukan kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kekencangan dan elastisitas kulit. Antioksidan dalam leci juga membantu melawan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!

6. Mendukung Fungsi Otak

Leci mengandung vitamin B kompleks seperti tiamin, riboflavin, dan niacin, yang diperlukan untuk fungsi otak yang optimal. Nutrisi ini membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

7. Membantu Pencernaan

Serat dalam leci dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit. Serat juga dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dengan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Meskipun leci memiliki berbagai manfaat kesehatan, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang seimbang sebagai bagian dari pola makan yang sehat dan seimbang. Jangan lupa untuk memeriksa apakah Anda alergi terhadap leci sebelum mengonsumsinya, dan jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan leci dalam diet sehari-hari Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×