kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perhatian! Ini 11 kesalahan saat diet yang sering terjadi


Selasa, 06 April 2021 / 14:00 WIB
Perhatian! Ini 11 kesalahan saat diet yang sering terjadi


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah orang merasa sulit saat menurunkan berat badan. Mereka merasa sudah melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan dengan benar, tapi belum juga mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Lalu apa yang salah? Berikut ini adalah beberapa kesalahan diet yang sering terjadi untuk diketahui: 

1. Hanya fokus pada skala berat 

Sangat umum terjadi pada seseorang ketika merasa berat badannya tidak turun dengan cepat atau secara signifikan padahal sudah berpengang teguh pada diet yang sedang dijalani. 

Jika Anda termasuk orang yang berpikir demikian, pahamilah bahwa angka pada timbangan hanyalah salah satu ukuran perubahan berat badan. Berat badan dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk fluktuasi cairan dan seberapa banyak makanan yang tersisa di sistem Anda. 

Baca Juga: Sering tidak disadari, berikut ​15 tanda-tanda hamil

Faktanya, berat badan dapat berubah-ubah hingga 1,8 kg selama sehari, tergantung pada seberapa banyak makanan dan cairan yang Anda konsumsi. 

Selain itu, peningkatan kadar estrogen dan perubahan hormonal lainnya pada wanita dapat menyebabkan retensi air yang lebih besar, yang tercermin dalam timbangan berat. Jika angka pada timbangan tidak bergerak, Anda mungkin akan kehilangan massa lemak tetapi tetap menahan air. 

Baca Juga: Kaya antioksidan, ini 4 manfaat infused water lemon untuk kesehatan

Untungnya, Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menurunkan berat badan air. Selain itu, jika Anda telah berolahraga dengan rutin, Anda mungkin mendapatkan otot dan kehilangan lemak. 

Jika ini terjadi, pakaian Anda mungkin mulai terasa lebih longgar, terutama di sekitar pinggang, meskipun berat badan Anda stabil. Mengukur pinggang Anda dengan meteran dan mengambil foto diri Anda setiap bulan dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar kehilangan lemak, meskipun angka pada timbangan Anda tidak banyak berubah. 




TERBARU

[X]
×