kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,63   -8,92   -0.98%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kopi Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik? Ini Faktanya


Selasa, 31 Oktober 2023 / 09:07 WIB
Kopi Bisa Menyebabkan Berat Badan Naik? Ini Faktanya
ILUSTRASI. Selain bermanfaat bagi kesehatan, banyak pula pendapat yang mengatakan bahwa kopi bisa menaikkan berat badan.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kopi sering dikonsumsi sebelum kita memulai hari. Namun secangkir kopi harian Anda mungkin memberikan lebih banyak manfaat jika dikonsumsi dengan cara dan waktu yang benar.

Melansir laman Kemkes.go.id, terdapat banyak studi yang menyatakan bahwa minum kopi jangka panjang baik untuk kesehatan jantung. 

Manfaatnya untuk jantung misalnya menurunkan risiko gagal jantung, risiko jantung koroner, dan menurunkan risiko meninggal dunia karena penyakit jantung. 

Kebiasaan minum kopi juga dihubungkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2, stroke, parkinson, dan Alzheimer. 

Kopi merupakan salah satu sumber antioksidan sehingga dapat memperbaiki sel-sel yang rusak, termasuk menekan risiko kanker usus.  

Baca Juga: Teh Kemangi Terbukti Mampu Meredakan Stres dan Menjaga Kesehatan Mental

Selain manfaat minum kopi di atas, banyak pula pendapat yang mengatakan bahwa kopi bisa menaikkan berat badan. Apakah itu benar?

Mengutip Eatingwell, jawaban dari pertanyaan di atas adalah ya, kopi bisa menaikkan berat badan. 

Meskipun kopi berdampak berbeda pada setiap orang, ada beberapa alasan mengapa beberapa orang mungkin mengalami kenaikan berat badan yang tidak disengaja karena konsumsi kopi secara teratur.

Meskipun latte atau Frappuccino harian dari kedai kopi favorit Anda lezat dan membangkitkan semangat, minuman campuran ini mengandung lebih banyak manfaat daripada kopi saja. 

"Faktanya, yang penting adalah apa yang Anda masukkan ke dalam kopi. Menambahkan krim, sirup, dan pemanis ekstra dapat dengan mudah menyebabkan kelebihan kalori yang pada akhirnya dapat menyebabkan penambahan berat badan," kata Megan Rasmussen, M.S., RDN, pendiri Nutrition Unfine. 

Untuk melihat potensi kandungan kalori dan gula, 16 ons Mocha Cookie Crumble Frappuccino dari Starbucks mengandung 480 kalori dan 55 gram gula tambahan—yang merupakan 150% hingga 220% dari batas harian yang direkomendasikan American Heart Association untuk tambahan gula. 

Baca Juga: 8 Makanan Ini Menjaga Ginjal Tetap Sehat dan Berfungsi Maksimal

AHA merekomendasikan pria mengonsumsi gula tidak lebih dari 36 gram per hari dan wanita tidak lebih dari 25 gram. 

Menurut penelitian tahun 2019 yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Pangan dan Gizi Polandia, konsumsi gula, terutama pada minuman manis, dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas.

Namun, terlepas dari seberapa cepat atau lambat tubuh Anda memetabolisme kafein, terlalu banyak kopi dapat menggagalkan tujuan penurunan berat badan Anda.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×