kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkalori Tinggi, 4 Minuman Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik


Senin, 12 Juni 2023 / 04:19 WIB
Berkalori Tinggi, 4 Minuman Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik
ILUSTRASI. Berkalori Tinggi, 4 Minuman Ini Bisa Bikin Berat Badan Naik.


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID -  Tidak hanya makanan, ada beberapa jenis minuman yang memiliki kalori tinggi dan berpotensi meningkatkan berat badan. 

Minuman mengandung air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Air sendiri adalah salah satu elemen penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Sebanyak 75% total berat badan manusia adalah air. Rata-rata kebutuhan cairan tubuh orang dewasa adalah 2-2,5 liter per hari. 

Air yang boleh diminum adalah air mineral karena memiliki kandungan mineral yang cukup yaitu antara 100 sampai 500 mg/l, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral. Kandungan mineral pada air diantaranya seperti kalsium, magnesium, natrium, dan sebagainya.

Baca Juga: Menurunkan Gula Darah sampai Asam Urat Tinggi, 7 Manfaat Meniran

Firman Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya menjelaskan, air memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

 Manfaat yang pertama untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, berfungsi untuk melarutkan nutrisi dari makanan yang manusia konsumsi.

Air juga berperan untuk menjaga keseimbangan asam basah yang sangat penting bagi tubuh.

“Selain itu air sangat penting untuk menjaga konsentrasi dan fungsi otak secara optimal. Sebab ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan air dalam tubuh, bisa menyebabkan penurunan konsentrasi dan kelelahan. Untuk itu minum air mineral yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh kita,” jelas Firman 

Minuman tinggi kalori

Sayangnya, karena rendahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya air mineral bagi tubuh, kebanyakan masyarakat justru lebih meminati minuman yang kurang sehat. 

Minuman yang kurang sehat ini, salah satunya bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Beberapa alasan diantaranya karena air mineral rasanya tawar, sementara minuman yang manis lebih disukai dan diminati.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Lemon Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Berikut jenis minuman yang bila menyebabkan kenaikan berat badan berlebih menurut Firman, diantaranya: 

1. jus buah yang ditambahi gula. 

Gula menjadi salah satu penyumbang kalori yang sangat tinggi. Meskipun jus buah menyehatkan, namun jika ditambah gula dan terlalu sering dikonsumsi tanpa disertai dengan aktivitas fisik dan olahraga yang cukup bisa menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

2. Minuman bersoda

Minuman soda mengandung jumlah gula yang tinggi dan biasanya tidak memberikan rasa kenyang. 

Akibatnya intensitas makan juga akan meningkat, sehingga konsumsi minuman bersoda secara rutin dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan peningkatan risiko masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman keras lainnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan atau secara rutin. 

Hal ini disebabkan karena alkohol memiliki kandungan kalori yang tinggi dan sering kali diabaikan dalam perhitungan kalori harian.

Baca Juga: Cara Terbaik Konsumsi Bunga Belimbing Wuluh untuk Mengobati Batuk

4. Minuman kopi

Kopi yang ditambah banyak krim, gula, dan tambahan kalori lainnya mengandung kalori yang tinggi. Sebab hal ini dapat menimbulkan penimbunan kalori secara berlebihan yang juga dapat mengganggu keseimbangan gula darah. 

Bahkan tidak hanya terjadi kenaikan berat badan namun juga meningkatkan risiko penyakit diabetes atau kencing manis.

Oleh karena itu menjaga berat badan yang ideal sangat penting, sebaiknya membatasi konsumsi minuman-minuman yang mengandung kalori tinggi dan gula tambahan. 

“Minum air putih biasa atau air mineral, teh herbal tanpa gula tambahan, atau air lemon dapat menjadi pilihan yang lebih baik untuk menghindari peningkatan berat badan yang cepat,”pungkas Firman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×