kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awas! Makan Kue Kering Lebaran Berlebihan Bikin Berat Badan Naik sampai Diabetes


Kamis, 20 April 2023 / 11:05 WIB
Awas! Makan Kue Kering Lebaran Berlebihan Bikin Berat Badan Naik sampai Diabetes


Reporter: kompas.com | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kue kering gurih, manis, dan bikin ketagihan. Awas! Makan kue kering berlebihan saat lebaran bisa memicu berat badan naik sampai diabetes. 

Kue kering merupakan salah satu hidangan yang banyak disuguhkan saat lebaran.

Baca Juga: Kopi Lemon Bisa Bikin Berat Badan Turun?

Meski rasanya enak dan terkadang membuat kita ketagihan, terlalu banyak makan kue kering bisa berbahaya untuk kesehatan.

Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh langsing, terlalu banyak makan kue kering saat lebaran bisa membuat impian Anda buyar.

Efek Samping Kue Kering

Kue kering aadalah salah satu jenis makanan yang mengalami pemrosesan tinggi.

Bahan untuk membuat kue kering biasanya terdiri dari tepung, gula, kue, dan mentega, di mana bahan tersebut jika digabung menjadi satu akan menghasilkan kalori tinggi.

Salah satu penelitian tentang pola makan yang dilakukan di Amerika menemukan bahwa 58 persen kalori yang dikonsumsi oleh manusia berasal dari makanan olahan.

Ahli nutrisi dari Universitas Sao Paulo juga mengatakan bahwa makanan olahan juga bisa berdampak buruk pada fungsi kognitif.

"Terlepas dari jumlah kalori, terlepas dari jumlah makanan sehat yang Anda coba makan, makanan yang diproses tinggi tidak baik untuk kognisi," kata Suemoto.

Selain itu, konsumsi kue kering yang berlebihan juga bisa memicu beberapa efek samping seperti berikut:

1. Memicu kenaikan berat badan

Kandungan gula dalam kue kering sangat tinggi. Nah, gula di dalamnya ini bisa memicu peningkatan kadar glukosa.

Lonjakan gula darah ini bisa membuat otak seolah menginginkan kembali makanan tersebut. Pada akhirnya, Anda akan sulit berhenti untuk memakannya.

Hal inilah yang nantinya akan membuat berat badan meningkat pesat. Apalagi, kandungan kalori dalam kue kering sangat tinggi.

2. Memicu diabetes

Dalam jangka panjang, terlalu banyak mengonsumsi kue kering bisa memicu diabetes.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kue kering mengandung gula yang sangat tinggi. Biasanya, gula yang digunakan dalam kue kering adalah gula buatan.

Riset dalam Journal of American Medical Association menemukan bahwa orang mengonsumsi gula berlebih dua kali lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung.

Penelitian yang sama juga menjabarkan bahwa konsumsi makanan manis berlebihan bisa memicu obesitas sekaligus diabetes tipe 2.

3. Mengurangi kesehatan kulit

Jumlah gula yang tinggi dalam kue kering bisa membuat kolagen dan elastin dalam kulit rusak. Rusaknya kolagen dan elastin bisa memicu kerutan.

Nah, jika Anda ingin kulit halus dan glowing, sebaiknya batasi konsumsi kue kering.

Itulah beberapa efek samping yang bisa terjadi saat Anda mengonsumsi kue kering berlebihan. Meski demikian, bukan berarti Anda harus benar-benar menghindarinya.

Tak masalah jika Anda ingin mencicipi hidangan khas lebaran ini. Hal yang harus Anda lakukan hanyalah membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan.

Baca Juga: Air Rendaman Ini Efektif Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Meski Enak dan Nagih, Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kue Kering", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×