kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Tersembunyi


Minggu, 03 Desember 2023 / 17:05 WIB
Kenali 8 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Tersembunyi
ILUSTRASI. daun bawang


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh yang tersembunyi dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, manfaat daun bawang juga telah teruji secara klinis.

Daun bawang, sering kali dianggap hanya sebagai bahan penyedap dalam masakan, ternyata juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Daun bawang, yang termasuk dalam keluarga Allium, seperti bawang putih dan bawang merah, memiliki kandungan nutrisi yang kaya dan beragam.

Baca Juga: Catat 10 Manfaat Kacang Almond Bagi Kesehatan Tubuh

Melansir dari Healthline, ini manfaat daun bawang untuk kesehatan tubuh:

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Daun bawang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan senyawa sulfur, yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini membantu mengurangi risiko penyakit kronis, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Ini 9 Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa

2. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Daun bawang mengandung vitamin C, vitamin A, dan mineral seperti seng, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang kuat dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

3. Menyehatkan Jantung

Kandungan allicin dalam daun bawang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol, sehingga mendukung kesehatan jantung. Konsumsi daun bawang secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 7 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan Tubuh, Sudah Tahu?

4. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa allicin dalam daun bawang memiliki potensi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian masih dalam tahap awal, konsumsi daun bawang sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu mengurangi risiko kanker.

5. Mengandung Vitamin dan Mineral Penting

Daun bawang kaya akan berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, vitamin A, vitamin C, dan folat. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tulang, mata, kulit, dan sistem reproduksi.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Daun Bidara Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

6. Mendukung Pencernaan Sehat

Serat dalam daun bawang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu mengurangi risiko sembelit, memperbaiki kesehatan usus, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

7. Menyediakan Zat Besi

Daun bawang mengandung zat besi, yang esensial untuk pembentukan sel darah merah dan transportasi oksigen dalam tubuh. Pemenuhan kebutuhan zat besi dapat membantu mencegah anemia dan meningkatkan energi tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Jus Tomat Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Minum?

8. Efek Anti-Inflamasi

Kandungan antioksidan dalam daun bawang juga dapat memberikan efek anti-inflamasi, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk kondisi seperti arthritis dan penyakit inflamasi lainnya.

Untuk merasakan manfaat optimal dari daun bawang, disarankan untuk mengonsumsinya secara teratur sebagai bagian dari pola makan sehat dan seimbang. Selain itu, daun bawang dapat digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari salad hingga sup, untuk menambahkan rasa dan manfaat kesehatan pada makanan sehari-hari. 

Dengan memasukkan daun bawang ke dalam menu harian, Anda tidak hanya dapat meningkatkan cita rasa masakan tetapi juga memberikan kontribusi positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Selanjutnya: Soal Aturan DHE SDA, Pemerintah Perlu Dengar Masukan Pengusaha

Menarik Dibaca: Provinsi Ini Siaga Bencana, Simak Peringatan Dini Cuaca Besok Hujan Lebat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×