kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis


Jumat, 03 November 2023 / 12:14 WIB
Kenali 7 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Klinis
ILUSTRASI. Manfaat ubi jalar untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Terdapat sejumlah manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh yang teruji secara klinis dan tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, cara mengkonsumsi ubi jalar juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat ubi jalar secara maksimal.

Ubi jalar, atau sering juga disebut sebagai ubi manis, adalah salah satu makanan yang banyak digemari di berbagai belahan dunia. 

Selain rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang tinggi, ubi jalar juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya, Catat Ya!

Melansir dari WebMD, berikut beberapa manfaat ubi jalar untuk kesehatan tubuh di antaranya:

1. Kaya akan Nutrisi

Ubi jalar mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B6, potasium, dan serat. Kandungan nutrisi ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mendukung berbagai fungsi tubuh yang vital. Sebagai sumber vitamin A, ubi jalar membantu menjaga kesehatan mata, sistem kekebalan tubuh, dan kulit.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, dan antioksidan dalam ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, sementara kalium membantu menjaga tekanan darah normal. Antioksidan seperti beta-karoten dan antosianin dalam ubi jalar juga dapat melindungi jantung dari kerusakan oksidatif.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun ubi jalar memiliki rasa manis, indeks glikemiknya relatif rendah. Hal ini berarti bahwa konsumsi ubi jalar tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Sebagai makanan rendah kalori dan tinggi serat, ubi jalar dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

4. Mendukung Sistem Pencernaan

Serat yang tinggi dalam ubi jalar membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit, mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, dan meredakan peradangan dalam saluran pencernaan. Konsumsi ubi jalar secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dan beta-karoten dalam ubi jalar dapat memberikan manfaat besar untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang sehat dan bercahaya, sementara beta-karoten dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV matahari.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Membantu Mengatasi Radikal Bebas

Ubi jalar mengandung antioksidan seperti vitamin C dan E, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada berbagai penyakit, termasuk kanker dan penuaan dini. Konsumsi ubi jalar secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari efek negatif radikal bebas.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

7. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan nutrisi dalam ubi jalar, terutama vitamin B6, telah terbukti bermanfaat untuk kesehatan otak. Vitamin B6 berperan dalam pembentukan neurotransmitter dan meningkatkan fungsi kognitif. Konsumsi ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

Selanjutnya: 7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

Menarik Dibaca: Ada Tipe Kulit Hangat & Dingin, Begini Cara Mudah Menganalisa Warna Kulit Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×