kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 8 Manfaat Daun Sirih Cina dan Cara Merebusnya


Sabtu, 29 April 2023 / 10:20 WIB
Ini 8 Manfaat Daun Sirih Cina dan Cara Merebusnya


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Daun sirih cina atau sering disebut ketumpang air adalah sejenis tumbuhan yang bisanya menjadi gulma. Hal ini lantaran daun sirih cina tumbuh di pematang sawah atau di tempat-tempat lembap yang mengandung air. Padahal, ada banyak manfaat daun sirih cina untuk kesehatan. 

Daun sirih cina mempunyai nama ilmiah Paperomia pellucida ini memiliki bentuk seperti daun sirih. Namun, lebih kecil dan lebih tebal serta berair dengan tekstur lunak. 

Minimnya pengetahuan mengenai manfaat daun sirih cina ini membuat kita terkadang mencabut atau membuangnya begitu saja. Daun sirih cina mengandung alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak atsiri.

Baca Juga: 14 Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Urat Keok, Mudah Didapat

Daun sirih cina juga bersifat pedas dan sejuk. Manfaat daun sirih cina sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. 

Manfaat daun sirih cina memiliki efek farmakologis sebagai analgesik (pengurang rasa sakit), anti radang (anti-inflammatory) dan antibiotik.

Selain itu, manfaat daun sirih cina untuk wajah diantaranya mengobati bisul, jerawat, radang kulit, abses, luka bakar, luka memar/luka terpukul maupun bengkak.

Lantas, apa saja manfaat daun sirih cina untuk kesehatan? 

Baca Juga: Mengobati Diare, Ini Manfaat Daun Singkong untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih cina

Dirangkum dari buku "Ilmu Dasar Mengenai Jamu Tradisional dan Herba Terstandar" (2023) oleh Ahmad Zaeni Dahlan dan laman Kementerian Pertanian, berikut sejumlah manfaat daun sirih cina untuk kesehatan:

1. Manfaat daun sirih cina untuk asam urat 

Manfaat daun sirih cina untuk asam urat adalah salah satu khasiatnya yang paling terkenal. Sirih cina memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. 

Baca Juga: Agar tidak telat diobati, ini gejala tipes yang harus Anda waspadai

Selain itu, tanaman ini juga mengandung zat-zat yang bermanfaat menurunkan asam urat. Cara mengonsumsi daun sirih cia yakni dengan meminum rebusan, di jus atau sebagai lalapan. 

Namun, rasanya cenderung hambar dan dingin. Jadi, daun sirih cina seringkali dikonsumsi dengan dijadikan teh. 

Baca Juga: Luar Biasa! Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Mata Sampai Pencernaan

2. Manfaat daun sirih cina untuk wajah

Manfaat daun sirih cina untuk wajah bisa digunakan untuk mengobati abses, bisul, jerawat, dan radang kulit. 

Cara mengonsumsinya adalah ambil dua rumpun pohon tanaman segar ukuran kecil (tingginya 7—10 cm tinggi) dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan 1.5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas. 

Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Baca Juga: Ini 5 rekomendasi obat rematik dari bahan-bahan alami

3. Manfaat daun sirih cina untuk meredakan nyeri 

Manfaat daun sirih cina juga bisa untuk meredakan nyeri. Rasa nyeri dapat timbul karena masalah kesehatan tertentu, salah satunya adalah peradangan.

Selain mengandalkan obat, kandungan nutrisi dalam sirih cina memiliki aktivitas antiradang serta antipiretik. Itu artinya, tanaman ini memiliki potensi membantu meredakan rasa nyeri yang sebanding dengan obat aspirin.

Baca Juga: 14 Makanan dan minuman penurun asam urat yang mudah didapat

4. Manfaat daun sirih cina untuk masalah ginjal 

Manfaat daun sirih cina bisa membantu mengobati penyakit ginjal. Penyakit hipertensi ataupun diabetes sangat erat kaitannya dengan ginjal. 

Kebanyakan kasus, pengidap diabetes ataupun hipertensi yang telah kronis kemudian mengalami kerusakan pada ginjal. Tanaman sirih cina ini diklaim memiliki sifat antihiperglikemik serta antihipertensi.

Dikutip dari laman Gramedia, pada studi yang dilakukan pada mencit dengan kerusakan tubulus serta glomerulus, asupan ekstrak sirih cina ini kemudian dapat meningkatkan pemulihan ginjal dari kerusakan tersebut. 

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 5 Tanaman Ini Ampuh Sembuhkan Cacar Air

Setelah diamati, potensinya ini didapat dari senyawa antioksidan yang terkandung pada tanaman Peperomia pellucida.

Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil (tingginya 7—10 cm tinggi). Rebus tanaman dengan 1,5 gelas air (300 ml) hingga tersisa 1 gelas. 

Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas. Buat ramuan baru setiap kali melakukan pengobatan.

Baca Juga: 4 Minyak Esensial yang Efektif Meredakan Nyeri Akibat Asam Urat Tinggi

5. Manfaat daun sirih cina untuk obat sakit kepala pada penderita demam

Manfaat daun sirih cina juga bisa membantu meredakan sakit kepala pada penderita demam. Sirih cina juga dipercaya efektif mengobati sakit kepala dan penyakit lainnya yang menyerang kepala seperti migraine dan vertigo.  

Cara menggunakannya yakni ambil 15 lembar daun sirih cina/tumpangan air dicuci bersih, kemudian ditumbuk atau dilumatkan. Tempelkan ramuan tersebut pada pelipis kiri dan kanan. 

Baca Juga: Luar Biasa! Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Mata Sampai Pencernaan

Cara lain yaitu dengan merebus 2 pohon tanaman segar berukuran kecil dengan tinggi 7—10 cm yang telah dicuci bersih dalam 300 ml (1.5 gelas) air hingga tersisa 1 gelas saja. 

Setelah dingin (hangat) minum air ramuan tersebut 1 gelas sekali minum. Lakukan pengobatan sehari 2 kali dengan dosis yang sama.

Baca Juga: Air rebusan daun sirih cina bermanfaat sebagai obat herbal asam urat

6. Manfaat daun sirih cina untuk obat sakit perut 

Manfaat daun sirih cina juga bisa membantu mengobati sakit perut. Caranya, ambil tanaman tumpangan air atau daun sirih cina segar secukupnya. 

Kemudian dicuci dan dilumatkan atau ditumbuk hingga halus. Peras ramuan tersebut menggunakan kain bersih. Lalu diminum airnya.

Baca Juga: Wedang kayu secang ampuh mengobati diare

7. Manfaat daun sirih cina untuk mengobati luka bakar 

Berikutnya, manfaat daun sirih cina juga bisa membantu mengobati luka bakar maupun luka memar. Caranya, ambil tanaman segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih. 

Lumatkan atau ditumbuk hingga halus, lalu tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang sakit. Lakukan beberapa kali dalam sehari hingga sembuh.

Baca Juga: 7 Minuman yang bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi

8. Manfaat daun sirih cina untuk ISK

Manfaat daun sirih cina juga bisa membantu mengobati Infeksi Saluran Kemih (ISK). ISK merupakan salah satu penyakit yang kerap terjadi, terutama pada perempuan.

Ini menjadi peradangan yang terjadi di saluran kemih dan dapat diakibatkan dari infeksi bakteri atau gaya hidup tidak sehat. Di sejumlah negara, sirih cina kemudian telah dikonsumsi untuk mengobati ISK.

Baca Juga: Bisa membantu menurunkan darah tinggi, ini manfaat daun sirih cina untuk kesehatan

Dalam hal ini, sirih cina juga diolah dalam bentuk rebusan teh. Racikan ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat alami dalam mengatasi penyakit kencing batu dan gagal ginjal. 

Ramuan ini juga diduga dapat bekerja secara efektif dalam menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Demikian sejumlah manfaat daun sirih cina untuk kesehatan dan cara menggunakannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×