Kesehatan Umum

Wedang kayu secang ampuh mengobati diare

Selasa, 11 Agustus 2020 | 13:44 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Wedang kayu secang ampuh mengobati diare

ILUSTRASI. Wedang kayu secang ampuh mengobati diare


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kayu secang ampuh mengobati diare. Begini cara membuat racikan kayu secang sebagai obat herbal diare.

Diare bukanlah penyakit menular tapi bisa menyerang siapa saja. Mengutip dari Kompas.com, diare disebabkan oleh beberapa faktor. 

Yang paling umum, diare disebabkan oleh virus yang menginfeksi usus. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh bakteri, minum alkohol berlebihan, makanan pedas, dan minum obat pencahar. 

Baca Juga: Ini manfaat kayu secang untuk kesehatan tubuh Anda

Seseorang yang mengalami diare akan menampakkan gejala lebih sering buang air besar, berlendir, tinja berwarna hitam, dan badan lemas. 

Untuk meredakan diare, seseorang minum obat resep dari dokter atau obat diare yang banyak di jual di apotek. 

Alih-alih mengonsumsi obat kimia, penderita diare bisa minum air rebusan kayu secang. 

Kayu secang obat herbal diare

Kehebatan khasiat kayu secang tidak hanya tersohor di dalam negeri tapi juga luar negeri. Mengutip dari buku Toga Indonesia karya Dwi Kusuma Wahyuni, Wiwied Ekasari,dkk, di Cina kayu secang digunakan sebagai obat penenang, pendarahan, diare, dan gangguan menstruasi. 

Dari seluruh bagian tanaman secang yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian kayu dan batang daun. Kayu secang mengandung brasilin, brasileinm quercetin, rhamnetin, asam linoleat, asam palmitat, asam stearat, dan senyawa lainnya. 

Mengutip dari buku Wedang Uwuh karya Dr. Sri Suryaningsum S.E.,M.Si.,Ak.,C.A dan Dra Anis Siti Hartani M.Si. kayu secang jadi obat herbal yang ampuh menyembuhkan diare. 

Hal ini disebabkan kayu secang bersifat antidiare. Sifat antidiare dalam kayu secang telah dibuktikan dalam sebuah penelitian. Ekstrak air rebusan kayu secang selama 20 menit menghasilkan tanin 0.137% yang diduga sebagai anti diare. 

Berikut cara membuat obat herbal kayu secang yang efektif mengobati diare.

Bahan

  • Kayu secang 5 Gram 
  • Air 2 gelas 

Anda cuci kayu secang dan potong kecil-kecil. Setelah itu, Anda rebus kayu secang sampai mendidih. Lalu, Anda dinginkan dan saring air rebusan kayu secang. 

Anda minum air rebusan kayu secang dua kali sehari. 

Perhatian, Anda tidak boleh memberikan rebusan kayu secang kepada ibu menyusui dan perempuan hamil.   

Baca Juga: Daun sirih ampuh mengobati diare, begini cara mengolahnya

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru