14 Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Urat Keok, Mudah Didapat

Kamis, 10 November 2022 | 07:41 WIB Sumber: Kompas.com
14 Makanan dan Minuman yang Bikin Asam Urat Keok, Mudah Didapat

ILUSTRASI. Penyakit asam urat atau gout adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit asam urat atau gout adalah suatu penyakit akibat metabolisme purin yang tidak normal. Sesuai namanya, penyakit asam urat ditandai dengan meningkatnya kadar asam urat dalam darah. 

Kondisi itu biasanya akan diikuti juga dengan terbentuknya tofus atau endapan kristal urat di persendian, yang dapat menyebabkan peradangan sendi terutama pada jari jari, pergelangan kaki, tangan, dan lutut. 

Jika kadar asam urat dalam darah tak juga dikendalikan, serangan penyakit asam urat berupa rasa nyeri dapat kambuh sewaktu, sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, penting bagi para penderita penyakit gout untuk dapat mengontrol kadar asam urat dalam darah demi kesehatan. 

Diet berupa konsumsi makanan penurun asam urat bisa menjadi pilihan untuk meredakan keluhan. 

Baca Juga: 4 Makanan tinggi purin penyebab asam urat tinggi di usia muda, waspada!

Berikut ini adalah ragam makanan penurun asam urat yang layak dicoba: 

1. Buah apel 

Buah apel juga bisa menjadi makanan penurun asam urat. Melansir India Times, apel mengandung asam malat yang dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah. Maka dari itu, konsumsi apel secara rutin diyakini dapat memberikan kelegaan bagi siapa saja yang menderita kondisi asam urat tinggi. 

2. Cuka apel 

Asupan cuka apel juga bermanfaat bagi penderita asam urat tinggi. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa menambahkan 3 sendok teh cuka apel ke 1 gelas air. Anda bisa meminumnya 2-3 kali setiap hari. Minum cuka apel dapat membantu dalam mengobati kondisi asam urat tinggi. 

3. Buah ceri 

Melansir Medical News Today, penelitian awal menunjukkan bahwa ceri dapat mengurangi risiko serangan asam urat, terutama pada orang dengan riwayat penyakit ini sebelumnya. 

Sebuah studi pada 2012 terhadap 633 orang dengan asam urat menemukan bahwa makan ceri selama 2 hari dapat menurunkan risiko serangan asam urat sebesar 35 persen dibandingkan dengan tidak makan ceri. 

Baca Juga: Biasa dikonsumsi sebagai lalap, takokak berkhasiat sebagai obat herbal asam urat

Efek ini bertahan bahkan ketika peneliti mengontrol faktor risiko, seperti usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan penggunaan diuretik atau obat anti asam urat. 

Di antara orang-orang yang juga menggunakan allopurinol, obat anti-asam urat, kombinasi obat dan ceri bisa menurunkan risiko serangan sebesar 75 persen. 

Ceri dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk menurunkan asam urat karena memiliki zat anti-inflamasi, yakni antosianin yang bisa membantu mengurangi kadar asam urat. 

Ceri juga dapat mencegah asam urat mengkristal dan mengendap di persendian. Ceri bahkan mampu menetralkan asam dan membantu mencegah peradangan dan nyeri. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru