4 Minyak Esensial yang Efektif Meredakan Nyeri Akibat Asam Urat Tinggi

Selasa, 06 September 2022 | 16:19 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
4 Minyak Esensial yang Efektif Meredakan Nyeri Akibat Asam Urat Tinggi

ILUSTRASI. Minyak esensial lemon efektif meredakan nyeri akibat asam urat tinggi.


KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Asam urat tinggi menimbulkan bengkak dan nyeri yang menyakitkan. Ini 4 minyak esensial yang efektif meredakan nyeri akibat asam urat.  

Asam urat merupakan radang sendi yang menimbulkan rasa nyeri yang menyakitkan. 

Baca Juga: 7 Manfaat Sirih Cina, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol Tinggi

Tidak sedikit penderita asam urat akan merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat kadar asam urat naik. 

Mengutip dari Doctor NDTV, nyeri akibat asam urat tinggi biasanya menyerang bagian persendian di jari kaki, pergelangan tangan, siku, ibu jari, daun telinga, atau pergelangan kaki. 

Gejala asam urat berkembang dengan cepat, biasanya dalam sehari dan bisa berlangsung sampai 10 hari. 

Minyak atsiri merupakan bahan yang terbaik dan efektif untuk mengobati nyeri akibat asam urat tinggi. Alasannya, minuak atsiri bisa memecah partikel asam urat yang tersangkut di dalam persendian. 

Berikut minyak esensial yang efektif meredakan nyeri akibat asam urat tinggi: 

1. Minyak zaitun 

Minyak zaitun mengandung senyawa biologis aktif seperti polifenol oleocanthal, oleuropein, hydroxytyrosol, dan lignan yang bermanfaat untuk mengurangi kerusakan sendi pada rheumatoid arthritis. 

2. Minyak esensial lemon 

Minyak atsiri ini bekerja efektif untuk meremajakan kulit dan mengobati asam urat. 

Minyak esensial lemon aman dikonsumsi untuk mengobati asam urat. Untuk merasakan manfaatnya, Anda tambahkan air untuk membantu menetralkan pH tubuh. 

3. Minyak alpukat 

Minyak berwarna hijau pucat ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. 

Minyak alpukat memiliki sifat antiinflamasi dan mengurangi protein c-reaktif, ukuran peradangan di seluruh tubuh. Selain itu, minyak alpukat merupakan sumber antioksidan vitamin E. 

4. Minyak esensial rosemary 

Minyak ini memiliki sifat astringen untuk mengobati asam urat. Saat Anda gosokkan pada kulit, minyak ini menghangatkan area dan menyebabkan kemerahan. Minyak esensial ini mematikan saraf untuk meredakan rasa sakit. 

Selain itu, minyak ini memiliki sifat antibakteri, antioksidan, analgesik, dan antirematik dan bermanfaat untuk mengobati radang sendi, rematik, otot kaku, dan gangguan sendi lainnya. 

Untuk mendapatka hasil terbaik, Anda bisa membuat campuran dua atau tiga minyak esensial dan mencampurnya dengan minyak jarak. 

Baca Juga: 6 Khasiat Buah SIrsak, Salah Satunya Menstabilkan Tekanan Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru