kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,27   -8,08   -0.87%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 5 rekomendasi obat rematik dari bahan-bahan alami


Kamis, 12 Agustus 2021 / 08:36 WIB
Ini 5 rekomendasi obat rematik dari bahan-bahan alami


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bahan-bahan alami yang mengandung antiinflamasi bisa Anda manfaatkan sebagai obat rematik. Tentu saja Anda tetap perlu berkonsultasi dulu dengan dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga dengan baik.

Melansir Everyday Health (everydayhealth.com), rasa sakit akibat rematik bisa teratasi dengan jahe. Antiinflamasi yang terkandung dalam jenis rempah itu mampu meredakan peradangan sehingga rasa sakit pun berkurang.

Anda bisa mencampur jahe dalam makanan yang Anda konsumsi atau mengombinasikannya dengan smoothie. Selain jahe, tentu saja masih banyak bahan alami lain yang dapat Anda gunakan untuk mengobati rematik.

Teh Hijau

Teh hijau bisa Anda konsumsi sebagai obat rematik, lo. Jenis teh itu mengandung banyak antioksidan yang mampu mengurangi inflamasi. Tidak berhenti sampai di situ, rutin mengonsumsi teh hijau juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh dan melindungi persendian Anda.

Baca Juga: Air rebusan daun sirih cina bermanfaat sebagai obat herbal asam urat

Bawang Putih

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa digunakan untu mengobati rematik, maka bawang putih dapat Anda jadikan pilihan. Selain mengurangi rasa sakit, rutin mengonsumsi jenis bahan alami itu juga dapat menurunkan risiko kerusakan tlang rawan.

Kunyit

Kunyit bisa Anda gunakan sebagai obat rematik.

Everyday Health merekomendasikan kunyit untuk mengatasi rematik yang Anda alami. Tak hanya mengandung antiinflamasi, kunyit adalah salah satu jenis rempah yang memiliki efek analgesik. Dengan mengonsumsinya secara rutin, nyeri yang Anda rasakan dapat berkurang.

Kerang Hijau

Supaya rasa sakit akibat rematik berkurang, cobalah untuk mengonsumsi ekstrak kerang hijau secara teratur. Ekstrak kerang hijau memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Nah, kandungan itulah yang berperan sebagai antiinflamasi.

Meski demikian, diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan manfaat itu. Jika Anda ingin mengonsumsi ekstrak kerang hijau, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tak diinginkan.

Baca Juga: Tidak hanya mentimun, ini sederet sayuran yang efektif menurunkan asam urat tinggi

Kayu Manis

Kayu manis adalah bahan alami selanjutnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat rematik. Antioksidan dalam kayu manis mampu melindungi sel dari kerusakan akibat serangan radikal bebas. Tidak hanya itu, masih banyak manfaat kayu manis lain yang bisa Anda dapat.

Rutin mengonsumsi kayu manis mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Dengan begitu, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah pun dapat terkontrol. Meski demikian, jangan mengonsumsi kayu manis dalam jumlah berlebihan karena bisa menimbulkan efek samping.

Selanjutnya: Bisa bikin susah jalan, ini penyebab radang sendi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×