Bisa bikin susah jalan, ini penyebab radang sendi

Jumat, 06 Agustus 2021 | 14:44 WIB Sumber: Kompas.com
Bisa bikin susah jalan, ini penyebab radang sendi

ILUSTRASI. Bisa bikin susah jalan, ini penyebab radang sendi

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Waspada terhadap penyakit radang sendi, karena bisa membuat Anda tidak bisa berjalan. Kenali apa saja penyebab radang sendi sehingga Anda bisa mencegah sejak dini.

Ada banyak jenis radang sendi (arthritis) yang bisa terjadi. Masing-masing jenis ini bisa memiliki penyebab dan faktor risikonya sendiri. Jenis radang sendi yang paling umum di antaranya yakni osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan penyakit asam urat (gout).

Menentukan penyebab radang sendi bisa jadi sulit karena beberapa faktor yang tumpang tindih biasanya berkontribusi pada perkembangannya. Kemungkinan penyebab radang sendi termasuk keausan terkait usia dan gaya hidup, infeksi, cedera, dan kondisi autoimun.

Penyebab umum radang sendi

Dilansir dari Very Well Health, masing-masing jenis utama radang sendi memiliki penyebab dan faktor risiko yang berbeda. Tetapi, berikut adalah kondisi yang paling sering berperan terhadap penyebab radang sendi tersebut:

1. Usia yang lebih tua

Penyebab radang sendi yang paling banyak terjadi adalah faktor usia. Usia yang lebih tua merupakan faktor utama dalam artritis karena tulang rawan menjadi semakin rapuh dari waktu ke waktu dan memiliki kapasitas yang lebih sedikit untuk bisa memperbaiki dirinya sendiri.

Perkembangan osteoartritis biasanya terlihat pada orang-orang saat menginjak usia 40 dan 50, meskipun bisa juga dimulai lebih awal dalam bentuk gangguan lainnya.

Baca juga: 7 Bahan alami yang bermanfaat mengobati rematik

2. Cedera

Penyebab radang sendi lainnya adalah cedera. Kerusakan sendi sebelumnya dapat menyebabkan ketidakteraturan pada permukaan sendi yang normal dan halus.

Sebagai contoh, cedera sebelumnya bisa berperan dalam perkembangan radang sendi pergelangan tangan, di mana struktur tulang dan tulang rawan yang kompleks dapat dengan mudah terganggu oleh benturan atau kompresi. Contoh lain adalah radang sendi yang disebabkan oleh fraktur tibialis plateau, di mana area tulang yang patah memasuki tulang rawan sendi lutut.

3. Infeksi

Infeksi juga bisa menjadi penyebab radang sendi. Infeksi tertentu di sekitar sendi, baik bakteri atau virus dapat menyebabkan kerusakan tulang rawan atau pembentukan lesi kulit yang menembus sendi dan membran sinovial.

Orang-orang yang mengalami infeksi sendi (sendi septik), beberapa episode penyakit asam urat, atau infeksi staph berulang di sekitar sendi berisiko lebih tinggi terkena radang sendi.

Simak penyebab radang sendi di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru