kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat 7 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan


Selasa, 05 Desember 2023 / 12:26 WIB
Catat 7 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan
ILUSTRASI. Ubi ungu.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat ubi ungu bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang penting diketahui dan luar biasa. Tidak hanya itu, manfaat ubi ungu juga telah teruji secara klinis.

Ubi ungu, atau sering disebut juga dengan ubi jalar ungu, bukan hanya memberikan warna yang menarik pada hidangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Ubi ungu kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

Merangkum dari EatingWell, ini manfaat ubi ungu bagi kesehatan:

1. Kaya akan Antioksidan

Ubi ungu mengandung antioksidan seperti beta-karoten, antosianin, dan vitamin C. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit degeneratif, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh, Suka?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antosianin dalam ubi ungu dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Antosianin telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dan perbaikan kesehatan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Senyawa antiinflamasi dan antioksidan dalam ubi ungu dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan sel saraf dan meningkatkan fungsi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi antosianin dapat meningkatkan kognisi dan memperlambat penurunan fungsi otak yang terkait dengan usia.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Cempedak Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga

4. Mendukung Kesehatan Mata

Beta-karoten, yang merupakan prekursor vitamin A, ditemukan dalam jumlah besar dalam ubi ungu. Vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan mata, dan kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan masalah penglihatan.

5. Pertumbuhan Sel dan Perbaikan Jaringan

Vitamin C yang terkandung dalam ubi ungu memiliki peran penting dalam pertumbuhan sel dan perbaikan jaringan tubuh. Ini juga membantu dalam produksi kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kulit, rambut, dan jaringan ikat tetap sehat.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Ciplukan Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

6. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi yang terkandung dalam ubi ungu, seperti vitamin C dan beta-karoten, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat dapat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Suka Buah Naga? Ini 8 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh

7. Regulasi Gula Darah

Meskipun ubi ungu mengandung karbohidrat, namun memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada beberapa sumber karbohidrat lainnya. Ini dapat membantu dalam regulasi gula darah dan menjadi pilihan makanan yang baik bagi mereka yang mengelola diabetes.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, ubi ungu dapat dianggap sebagai pilihan makanan yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehari-hari. Namun, seperti halnya dengan makanan lainnya, konsumsi ubi ungu sebaiknya tetap dalam batas yang sehat dan seimbang. Selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×