kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,60   -2,56   -0.26%
  • EMAS1.135.000 -0,09%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga


Sabtu, 09 Desember 2023 / 10:02 WIB
8 Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Bayam merah


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat bayam merah bagi kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Tidak hanya bayam biasa, manfaat bayam merah juga telah teruji secara klinis.

Bayam merah, salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi, telah dikenal sebagai pilihan makanan yang sehat dan lezat. 

Berbeda dengan bayam hijau yang umumnya lebih dikenal, bayam merah memiliki keistimewaan tersendiri dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh, Suka Manggis?

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat bayam merah bagi kesehatan:

1. Kandungan Antioksidan Tinggi

Bayam merah mengandung antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas, membantu mencegah kerusakan sel, dan mendukung kesehatan seluruh tubuh.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat, folat, dan kalium yang tinggi dalam bayam merah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Serat membantu mengendalikan kolesterol darah, sementara kalium membantu menyeimbangkan tekanan darah dan folat mendukung kesehatan pembuluh darah.

3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan zat besi dalam bayam merah dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C berperan dalam produksi sel darah putih, sementara vitamin A dan zat besi mendukung fungsi normal sel-sel kekebalan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

4. Mendukung Kesehatan Mata

Beta-karoten yang tinggi dalam bayam merah dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang esensial untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga retina mata dan mencegah masalah penglihatan.

5. Membantu Pencernaan

Serat dalam bayam merah dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan mendorong pergerakan usus. Ini dapat mengurangi risiko sembelit dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

6. Menyediakan Energi dan Nutrisi

Bayam merah mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk zat besi, magnesium, dan vitamin K. Zat besi membantu dalam transportasi oksigen ke seluruh tubuh, magnesium mendukung fungsi otot dan saraf, sedangkan vitamin K penting untuk pembekuan darah.

7. Mengandung Anti-inflamasi Alami

Senyawa anti-inflamasi alami dalam bayam merah, seperti flavonoid dan karotenoid, dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kronis yang terkait dengan peradangan.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui, Suka Makan?

8. Membantu Regulasi Gula Darah

Kandungan serat dalam bayam merah dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan mengurangi penyerapan glukosa. Ini dapat menjadi bantuan yang baik bagi individu dengan diabetes atau risiko diabetes.

Dengan memasukkan bayam merah dalam pola makan sehari-hari, seseorang dapat memperoleh manfaat kesehatan ini dan mendukung kesejahteraan tubuh secara menyeluruh. Namun, sebaiknya selalu berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan, terutama jika ada kondisi kesehatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×