kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui, Suka Makan?


Jumat, 08 Desember 2023 / 13:14 WIB
8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui, Suka Makan?


Penulis: Ryan Suherlan

8 Manfaat Buah Jeruk - Banyak manfaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui dan sayang jika dilewatkan. Selain itu, manfaat buah jeruk juga telah teruji khasiatnya secara klinis.

Buah jeruk, dengan kekayaan rasa segarnya dan kandungan nutrisinya yang tinggi, tidak hanya menjadi buah favorit di seluruh dunia tetapi juga membawa sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Jeruk kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: 7 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh yang Tersembunyi, Sudah Tahu?

Merangkum dari Healthline, ini manfaat buah jeruk bagi kesehatan:

1. Sumber Vitamin C yang Kuat

Jeruk terkenal sebagai salah satu sumber terbaik vitamin C. Vitamin C memiliki peran krusial dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari infeksi dan membantu proses penyembuhan luka. Konsumsi jeruk secara rutin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan senyawa antioksidan dalam jeruk berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Jeruk dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memelihara kesehatan sistem kardiovaskular.

3. Menyokong Fungsi Pencernaan

Serat dalam jeruk memainkan peran penting dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatasi masalah sembelit, merangsang gerakan usus, dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam saluran pencernaan.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

4. Mencegah Oksidatif dan Radikal Bebas

Antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid dalam jeruk membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Melindungi sel-sel tubuh dari oksidasi dapat membantu mencegah penyakit kronis, termasuk kanker.

5. Mendukung Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam jeruk tidak hanya berperan dalam sintesis kolagen untuk menjaga elastisitas kulit tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Konsumsi jeruk dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan berkilau.

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan, Catat Ya!

6. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Jeruk adalah pilihan camilan yang sehat dan rendah kalori. Serat dalam jeruk memberikan rasa kenyang lebih lama, membantu mengontrol nafsu makan, dan dapat menjadi bagian dari diet penurunan berat badan.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Kandungan flavonoid dalam jeruk telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dan perlindungan terhadap penyakit neurodegeneratif. Konsumsi jeruk secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: Catat 7 Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh yang Wajib Diketahui

8. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Serat dalam jeruk dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan meredam lonjakan gula setelah makan. Ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Buah jeruk bukan hanya lezat tetapi juga merupakan tambahan yang sangat bernilai untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan manfaat-manfaatnya yang beragam, jeruk dapat menjadi pilihan yang cerdas untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari demi mendukung gaya hidup sehat. Tetaplah konsisten dalam mengonsumsi jeruk untuk merasakan manfaatnya secara optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×