kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Minggu, 10 Desember 2023 / 11:05 WIB
7 Manfaat Seledri Bagi Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Seledri


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beragam manfaat seledri bagi kesehatan tubuh yang masih diketahui banyak orang. Padahal, khasiat dan manfaat seledri cukup menarik perhatian.

Selain itu, cara mengolah dan mengkonsumsi seledri juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat seledri tersebut.

Seledri (Apium graveolens) bukan hanya bahan dekoratif dalam hidangan Anda. Ternyata, sayuran hijau ini mengandung berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui, Suka Makan?

Merangkum dari PharmEasy, ini manfaat seledri di antaranya:

1. Kaya akan Nutrisi Essential

Seledri mengandung sejumlah nutrisi penting seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan beberapa vitamin B. Selain itu, seledri juga mengandung mineral penting seperti potassium, asamĀ folat, dan mangan. Nutrisi-nutrisi ini mendukung berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan tulang, kesehatan kulit, dan fungsi sistem saraf.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

2. Antioksidan untuk Perlindungan Sel

Seledri mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, beta-karoten, dan vitamin C, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif dan berkontribusi pada perkembangan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan potassium dalam seledri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Potassium membantu mengimbangi efek sodium dalam tubuh, sehingga membantu menjaga keseimbangan cairan dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Seledri dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi tingkat kolesterol dan trigliserida. Senyawa seperti phthalides dalam seledri diyakini dapat membantu merilekskan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang mendukung kesehatan jantung.

5. Menyokong Fungsi Pencernaan

Serat dalam seledri membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam usus.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

6. Pemulihan Ginjal

Seledri memiliki sifat diuretik ringan, yang dapat membantu meningkatkan produksi urine dan membantu membersihkan racun dari tubuh. Hal ini dapat mendukung kesehatan ginjal dan mencegah pembentukan batu ginjal.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Leci Bagi Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga

7. Mengurangi Peradangan

Senyawa antiinflamasi dalam seledri dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bisa bermanfaat bagi orang yang menderita kondisi inflamasi kronis, seperti arthritis.

Seledri bukan hanya memberikan rasa segar pada hidangan Anda, tetapi juga merupakan tambahan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan konsumsi seledri secara teratur, Anda dapat memanfaatkan berbagai nutrisi dan senyawa bioaktif yang membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan mendukung fungsi organ-organ vital. Jangan ragu untuk menambahkan seledri dalam diet sehat Anda untuk meraih manfaat maksimal bagi kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Huawei Berlolaborasi dengan Stakeholder, Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas

Menarik Dibaca: 5 Cara Agar Rambut Tetap Rapi Setelah Menggunakan Helm, Menarik Dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×