kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tinggi Vitamin K! 5 Makanan Ini Bikin Kulit Sehat dan Bercahaya


Senin, 12 Juni 2023 / 11:00 WIB
Tinggi Vitamin K! 5 Makanan Ini Bikin Kulit Sehat dan Bercahaya


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KULIT SEHAT DAN BERCAHAYA - Bahan makanan yang dikonsumsi setipa hari bisa mempengaruhi kesehatan kulit tubuh. Ini makanan kaya vitamin K yang bisa membuat kulit sehat dan bercahaya. 

Kulit membutuhkan asupan nutrisi untuk tetap sehat, bersih, dan bercahaya. 

Baca Juga: 4 Makanan Tinggi Zinc yang Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya

Maka untuk mendapatkan kulit sehat Anda harus mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi terukur. 

Mengutip dari FOOD NDTV, Anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin K setiap harinya jika ingin memiliki kulit yang sehat dan bercahaya. 

Selain membantu menjaga kesehatan jantung dan tulang, vitamin K juga berkontribusi pada kesehatan kulit. 

Ini empat alasan vitamin K penting untuk kesehatan kulit: 

1. Menyembuhkan luka dengan cepat

Vitamin K bisa membantu luka dan memar lebih cepat sebuh. Sebab, vitamin K bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan jangka panjang. 

2. Merungai peradangan 

Vitamin K juga bisa mengurangi pembengkakan, peradangan, dan kemerahan pada kulit. 

3. Mencegah kulit kering 

Vitamin K bermanfaat untuk mencegah kulit kering dan lingkaran hitam. 

4. Memperlambat penuaan dini 

Vitamin K bisa membantu memperlambat penunaan kulit yang terlihat. 

Berikut makanan tinggi vitamin K yang baik untuk kesehatan kulit: 

1. Brokoli 

Vitamin K1 banyak ditemukan dalam sayuran hijau. Brokoli salah satu sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. 

Brokoli juga mengandung vitamin A, C, dan zinc. Selain itu, brokoli memiliki sifat anti penuaan karena mengandung lutein yang bisa mencegah kerusakan oksidatif. 

Selain itu, brokoli juga mengandung sulforaphane yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. 

2. Bayam 

Dalam setengah cangkir bayam yang dimasak mengandung vitamin K sekitar 440 mcg. 

Selain itu, bayam mengandung vitamin A, B, C, dan folat, serta kaya antioksidan. 

Semua kandungan tersebut baik untuk menjaga kesehatan kulit dan membuatnya nampak bercahaya dan bersih. 

Bayam juga bisa menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan meningkatkan produksi kolagen sekaligus melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. 

Selain bayam, kangkung, sawi, lobak, kubis brussel, selada, dan kembang kol juga sumber vitamin K1. 

3. Delima 

Selain mengandung vitamin C, delima juga mengandung vitamin K yang tinggi. 

Kandungan antioksidan dalam delima bisa membantu mengurangi peradangan dan melindungi kulit secara keseluruhan. 

Selain itu, delima yang dikonsumsi secara rutin bisa mencegah penuaan dini. 

4. Kiwi 

Kiwi merupakan sumber vitamin K. Tidak hanya itu, kiwi juga mengandung vitamin C, E, litein, zeaxanthin, dan polifenol yang semuanya berkontribusi pada kesehatan kulit. 

Kiwi yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu memperlancar produksi kolagen sekaligus menjaga kulit agar bebas dari bintik hitam akibat sinar matahari. 

5. Herbal 

Bahan-bahan herbal seperti peterseli, timi, oregano, kemangi, ketumbar, dan sage merupakan sumber vitamin K1. 

Baca Juga: Kulit Tampak Lebih Muda, Ini Manfaat Teh Jahe yang Kaya Antioksidan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×