kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Makanan Tinggi Zinc yang Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya


Jumat, 02 Juni 2023 / 13:00 WIB
4 Makanan Tinggi Zinc yang Membuat Kulit Sehat dan Bercahaya


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KULIT SEHAT DAN BERCAHAYA - Zinc, mineral yang baik untuk memelihara kesehatan kulit. Ini makanan tinggi zinc yang bisa membuat kulit sehat dan bercahaya. 

Selain menggunakan body lotion dan lulur, menjaga pola makan bisa membantu memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. 

Baca Juga: Tanpa Obat Kimia, Ini 3 Cara Alami Rontokkan Lemak di Perut

Mengutip dari FOOD NDTV, Anda sebaiknya menghindari konsumsi makanan tinggi gula dan olahan jika ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya. 

Seng, salah satu jenis mineral yang baik dikonsumsi secara rutin saat Anda mendambakan kulit yang sehat dan indah. 

Berikut alasan zinc yang disebut-sebut baik untuk kesehatan kulit: 

1. Sifat antioksidan dan antiinflamasi 

Zinc memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat radikal bebas. 

Hal tersebut penting untuk kesehatan kulit jangka panjang dan bisa membantu memerangi masalah seperti eksim. 

2. Mengelola kelenjar minyak 

Zinc bisa membantu mengatur kelenjar minyak dalam tubuh, sehingga mencegah munculnya jerawat. 

3. Melindungi dari sinar ultraviolet 

Zinc bisa melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari yang berbahaya. 

Hal ini bisa membantu Anda terhindar dari penuaan dini dan kulit kusam. 

4. Mendukung produksi kolagen 

Zinc juga berperan dalam produksi kolagen yang bisa membuat kulit kenyal dan bercahaya. 

Makanan tinggi zinc yang baik untuk kesehatan kulit 

Berikut empat makanan tinggi zinc yang baik dikonsumsi secara rutin jika Anda ingin memiliki kulit sehat dan bercahaya: 

1. Kacang 

Almond, kenari, pistachio, kacang brazil, dan mete kaya akan seng. 

Kacang-kacangan di atas mengandung lemak sehat dan selenium yang bisa memberikan efek positif untuk kulit dan menjaganya tetap ternutrisi serta terhidrasi. 

Sifat antioksidan dalam kacang juga bisa membantu melawan jerawat dan masalah terkait. 

2. Ikan 

Jenis ikan tertentu tidak hanya mengandung zinc tapi juga asam lemak yang penting untuk kesehatan kulit. 

Kandungan vitamin E bisa melindungi dari peradangan. Anda sebaiknya memasukkan ikan salmon, tiram, mackerel, dan lainnya ke dalam daftar menu diet harian. 

3. Telur 

Telur merupakan sumber zinc. Kandungan lutein pada telur bisa meningkatkan elastisitas kulit. 

Telur juga mengandung asma amino yang bisa membantu dalam regenerasi sel. 

4. Biji labu 

Biji labu juga sumber zinc. Biji labu mengandung selenium, vitamin A, dan C serta antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit. 

Asam lemak esensial bisa membantu Anda mendapatkan kulit bercahaya. 

Baca Juga: Mengobati Asam Lambung dan Perut Kembung, Ini Manfaat Jus Lidah Buaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×