kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Fungsi Vitamin K, Perkuat Daya Ingat hingga Kesehatan Tulang


Jumat, 31 Maret 2023 / 14:52 WIB
5 Fungsi Vitamin K, Perkuat Daya Ingat hingga Kesehatan Tulang
ILUSTRASI. Fungsi vitamin K paling penting adalah membantu proses pembekuan darah.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Vitamin K adalah sekelompok senyawa yang bersatu mensintesis protein untuk pembekuan darah. Fungsi vitamin K paling penting adalah membantu proses pembekuan darah. Sementara, manfaat vitamin K salah satunya berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan jantung. 

Kegunaan vitamin K juga penting untuk kesehatan organ. Kemudian bisa mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan mineral tulang.

Huruf K dalam vitamin K berasal dari kata dari Bahasa Denmark dan Jerman yakni koagulasi (koagulasi) atau pembekuan. Hal ini terkait dengan manfaat vitamin K untuk pembekuan darah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Saat orang kekurangan vitamin K, maka darah akan menjadi encer. Hal ini bisa berdampak serius bagi tubuh, terutama saat tubuh mengalami luka atau memar. 

Nah, ada dua jenis vitamin K, pertama vitamin K1 (phylloquinone) yang bersumber dari sayuran hijau. Kedua, vitamin K2 (menaquinone) yang berasal dari hewani dan makanan fermentasi.

Lantas, apa saja manfaat dan fungsi vitamin K untuk tubuh? 

Baca Juga: Ini Jus Buah yang Bisa Merontokkan Hipertensi dan Kolesterol Tinggi

Fungsi Vitamin K

Manfaat vitamin K yang pertama adalah menjaga tulang dan gigi tetap kuat.

Nah, berikut ini sederet manfaat vitamin K sebagaimana dirangkum dari Healthnews, Clevelandclinic, dan Medical News Today.

1. Menjaga tulang dan gigi tetap kuat

Manfaat vitamin K yang pertama adalah menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Hal ini karena vitamin K mendukung protein yang disebut osteocalcin, protein paling melimpah di jaringan tulang. 

Fungsi vitamin K juga dapat memperkuat sumsum tulang dan mengurangi potensi terkena penyakit yang disebut dengan osteoarthritis.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Kailan untuk Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

2. Mendukung kesehatan jantung

Manfaat vitamin K juga dapat mendukung kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian pada 2019 disebutkan bahwa fungsi vitamin K salah satunya bisa mengurangi kalsifikasi pada arteri.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition 2019 menemukan bukti bahwa mendapatkan cukup vitamin K meminimalkan risiko terkena penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Saat Puasa

3. Mendukung kesehatan sel

Fungsi vitamin K juga dapat memperlambat perkembangan kanker dengan meningkatkan kesehatan sel dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Para ilmuwan dalam sebuah studi berhipotesis bahwa vitamin K dapat menawarkan pengobatan di masa depan untuk beberapa jenis kanker.

Baca Juga: Ingin Naikkan Berat Badan saat Puasa? Coba Konsumsi 4 Buah Ini Secara Rutin

4. Pembekuan darah

Salah satu fungsi vitamin K yang paling utama adalah membuat empat dari 13 protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah. Pembekuan darah bermanfaat untuk menghentikan luka atau pendarahan.

Ini adalah manfaat besar dari vitamin K. Meski demikian, Anda juga harus berhati-hati. 

Sebab, orang yang mengonsumsi obat pengencer darah, seperti obat antikoagulan warfarin, tidak boleh mengonsumsi suplemen vitamin K atau mengonsumsi vitamin K dalam jumlah besar.

Baca Juga: Banyak yang Ketagihan Gurihnya Kacang Mete, Simak Khasiatnya untuk Kesehatan

5. Memperkuat ingatan

Manfaat vitamin K juga bisa memperkuat ingatan. Peningkatan kadar vitamin K dalam darah dikaitkan dengan peningkatan memori pada orang lanjut usia atau lansia. 

Makanan yang mengandung vitamin K

Makanan yang kaya vitamin K terutama adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, kol, dan selada. Selain itu, masih ada beberapa makanan sumber vitamin K seperti dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan:

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh yang Belum Diketahui Banyak Orang, Cek!

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan sumber vitamin K.

Sayuran hijau adalah salah satu makanan sumber vitamin K. Salah satu sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin K adalah bayam. 

Dalam 1 cangkir bayam, terdapat sekitar 145 mikrogram vitamin K. Selain bayam, sayuran hijau lain yang mengandung vitamin K adalah kale, brokoli, kubis, kol, buncis, dan lobak hijau.

Baca Juga: 9 Makanan yang Menghidrasi Tubuh saat Puasa, Punya Kandungan Air yang Tinggi

2. Buah-buahan

Buah delima merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin K.

Buah delima merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin K. Terdapat sekitar 20 mikrogram vitamin K di tiap 1 buah delima. 

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau dijadikan es buah. Jika Anda tidak terlalu suka dengan buah delima, Anda dapat mengonsumsi buah lain yang juga mengandung vitamin K, yaitu : buah prem, kiwi, blueberry, alpukat, tomat, dan anggur.

Baca Juga: Kenali 7 Makanan Pengganti Nasi untuk Sahur yang Rendah Glukosa

3. Minyak nabati

Minyak nabati juga merupakan salah satu makanan sumber vitamin K.

Minyak nabati juga merupakan salah satu makanan sumber vitamin K. Minyak nabati adalah minyak yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan. 

Minyak nabati sering kali diklaim sebagai minyak yang sehat. Selain karena diperkaya vitamin K, beberapa minyak nabati juga memiliki kadar kolesterol yang rendah dibandingkan jenis minyak lainnya.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang, Cek Manfaat Lainnya dari Sawi Hijau

Salah satu minyak nabati yang mengandung vitamin K adalah minyak kanola. Hanya dengan menggunakan 1 sendok makan minyak kanola untuk masak, Anda sudah mendapatkan sekitar 10 mikrogram vitamin K. 

Selain minyak kanola, minyak nabati lain yang mengandung vitamin K adalah minyak kedelai dan minyak zaitun.

Baca Juga: 10 Manfaat Kol untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya yang Luar Biasa

4. Kacang-kacangan

Selain vitamin K, kacang mete juga diperkaya beragam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan.

Anda bisa mendapatkan 10 mikrogram vitamin K dari 30 gram kacang mete. Jumlah ini berarti sudah memenuhi sekitar 20% kebutuhan harian orang dewasa. 

Selain vitamin K, kacang mete juga diperkaya beragam nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti protein, kalsium, magnesium, folat, dan serat. 

Selain kacang mete, vitamin K juga terkandung dalam jumlah yang cukup tinggi pada jenis kacang lainnya, seperti kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, dan kacang merah.

Baca Juga: 4 Teh untuk Mengatasi Jerawat Secara Alami, Tertarik Coba?

Selain sayuran, kacang, buah, dan minyak, vitamin K juga bisa Anda dapatkan dari produk hewani sebagai berikut :

  • Keju
  • Daging
  • Jeroan, seperti hati sapi dan ayam
  • Telur
  • Susu
  • Makanan laut, seperti ikan dan udang

Vitamin K juga ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil pada daging, telur, dan produk susu seperti keju, yogurt, dan mentega.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×