kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ayo Kenali 5 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Saat Puasa


Kamis, 30 Maret 2023 / 15:31 WIB
Ayo Kenali 5 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Saat Puasa
ILUSTRASI. Manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada berbagai manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui saat puasa. Pasalnya, selain menjadi buah yang identik dengan bulan puasa, manfaat timun suri untuk kesehatan juga tidak perlu diragukan lagi.

Hal tersebut dikarenakan timun suri mengandung banyak nutrisi yang baik dan butuhkan oleh tubuh. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi timun suri adalah mampu melancarkan pencernaan. 

Selain kaya akan manfaat, timun suri juga mempunyai rasa yang lezat. Sehingga tak heran timun suri kerap dijadikan bahan es campur atau sop buah yang menjadi takjil saat bulan puasa.

Baca Juga: 6 Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan yang Menarik Perhatian, Sudah Tahu?

Melansir dari Med Mash, ada beberapa manfaat timun suri bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Timun suri mengandung banyak antioksidan seperti beta-karoten, vitamin C, triterpen, lignan dan flavonoid. Kandungan tersebut tentunya sangat diperlukan bagi tubuh, misalnya betakaroten yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Atau vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Ada Berbagai Manfaat Serai untuk Kesehatan, Apa Saja?

2. Melancarkan Pencernaan

Dengan tekstur yang lembut dan banyak serat, timun suri memiliki fungsi dan manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Serat dalam timun suri juga akan membantu proses pencernaan dalam tubuh serta mampu melawan penyakit lambung dan usus.

3. Mencegah Anemia

Mengkonsumsi timun suri juga mampu mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah. Pasalnya, timun suri mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan sel darah merah yang menyebabkan kelelahan. Untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, zat besi dibutuhkan untuk membentuk hemoglobin, oleh karena itu mengkonsumsi timun suri adalah salah satu pencegahan anemia.

Baca Juga: 5 Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan Tubuh, Mampu Mengurangi Risiko Kanker

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Selain dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah anemia, timun suri  juga mempunyai manfaat yang dapat menyehatkan tulang. Ini karena timun suri  mengandung vitamin K yang menyerap nutrisi dan membantu menyehatkan tulang.

Baca Juga: Catat Yuk 5 Manfaat Labu Untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Apa Saja?

5. Mencegah Kanker

Timun suri juga dipercaya dapat mencegah kanker karena mengandung senyawa antikanker. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa saponin dalam timun suri sebenarnya dapat digunakan untuk memblokir dan mencegah munculnya sel kanker. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan metabolisme tubuh.

Selain sangat enak sebagai menu buka puasa, ternyata timun suri ternyata juga memiliki banyak manfaat di atas. Jadi pastikan untuk memakannya saat berbuka puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×