kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui


Jumat, 31 Maret 2023 / 10:11 WIB
5 Manfaat Daun Kucai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui
ILUSTRASI. Manfaat daun kucai untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh nampaknya masih cukup asing dan tidak sepopuler jenis sayuran lainnya. Padahal, daun kucai menyimpan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, daun kucai juga mempunyai baik nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam daun kucai di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, magnesium, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Manfaat Serai untuk Tubuh yang Sudah Terbukti Klinis

Lalu apa saja manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh?

Melansir dari Foodzu, berikut beberapa manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya mampu melancarkan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan daun kucai mempunyai banyak serat yang baik untuk usus, mencegah sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca Juga: Ayo Kenali 5 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh yang Penting Saat Puasa

2.  Mengurangi Risiko Kanker

Tak berhenti disitu, manfaat daun kucai untuk kesehatan selanjutnya juga tak kalah hebat yaitu mampu mengurangi risiko kanker. 

Pasalnya, daun kucai memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas yang membahayakan kesehatan termasuh mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Baca Juga: 8 Manfaat Lobak Untuk Kesehatan Tubuh yang Terbukti Klinis, Ayo Simak!

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Selain itu, daun kucai juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Tak heran, daun kucai mengandung cukup kalsium dan vitamin K yang mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Studi ilmiah menunjukkan bahwa vitamin-K memiliki peran potensial dalam kesehatan tulang dengan meningkatkan aktivitas osteoblastik. Tingkat vitamin-K yang memadai dalam makanan membantu mencegah demineralisasi tulang. 

4. Detoksifikasi Tubuh

Daun kucai dikenal mempunyai banyak nutrisi yang juga mampu mendetoksifikasi tubuh. Pasalnya, daun kucai di antaranya mengandung sifat diuretik dan antibakteri yang mamou menghilangkan racun, lemak dan zat berbahaya yang dapat merusak sistem tubuh.

Baca Juga: Mampu Menghidrasi Tubuh, Ini 5 Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan Tubuh Saat Puasa

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain mampu mendetoksifikasi, daun kucai juga berperan penting untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Hal tersebut dikarenakan daun kucai mengandung banyak vitamin yang membantu meningkatkan dan merangsang produksi sel darh putih yang merupakan elemen penting dalam pembentukan pembuluh darah, sel, jaringan dan otot baru.

Tak heran, mengkonsumsi daun kucai mampu meningkatkan imunitas tubuh. Demikian, beberapa manfaat daun kucai untuk kesehatan tubuh yang penting diketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×