kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyebab Asam Urat Tinggi, Waspada 7 Hal Ini


Kamis, 29 Februari 2024 / 14:30 WIB
Penyebab Asam Urat Tinggi, Waspada 7 Hal Ini
ILUSTRASI. Penyebab asam urat tinggi.


Penulis: Ryan Suherlan

Penyebab Asam Urat Tinggi - Ada banyak faktor penyebab asam urat tinggi yang penting diketahui dan perlu diwaspadai. Pasalnya, asam urat tinggi bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Selain itu, tak sedikit orang tidak mengetahui apa penyebab asam urat tinggi tersebut. Oleh sebab itu, penting memeriksakan kondisi kesehatan sesegera mungkin ke dokter jika mengalami keluhan apapun.

Melansir dari Cleveland Clinic, asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan ketika tubuh Anda memecah bahan kimia yang disebut purin dalam makanan dan minuman. Kebanyakan asam urat larut dalam darah Anda, melewati ginjal Anda dan meninggalkan tubuh Anda melalui urin (urin). Hiperurisemia terjadi jika terlalu banyak asam urat yang tertinggal di tubuh Anda.

Baca Juga: 8 Penyebab Perut Buncit yang Perlu Diketahui, Yuk Catat!

Asam urat tinggi atau hiperurisemia bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk pola makan, gaya hidup, dan faktor genetik. 

Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu dihindari:

Konsumsi makanan tinggi purin

Makanan yang mengandung tinggi purin, seperti daging merah, makanan laut (seperti kerang, udang, dan kepiting), dan makanan olahan yang kaya purin seperti daging asap, dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Mengurangi konsumsi makanan ini bisa membantu mengurangi risiko asam urat tinggi.

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Ini Gejala Demam Berdarah yang Sering Muncul

Konsumsi alkohol

Minuman beralkohol, terutama bir dan minuman berbasis malt, dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi. Alkohol dapat mengganggu pengeluaran asam urat dari tubuh dan juga merangsang produksi asam urat.

Obesitas atau kelebihan berat badan

Obesitas sering kali berhubungan dengan peningkatan produksi asam urat dan juga penurunan ekskresi asam urat melalui ginjal. Menjaga berat badan yang sehat dapat membantu mengontrol kadar asam urat.

Baca Juga: Apa Manfaat Kulit Manggis? Catat 6 Hal Ini

Dehidrasi

Kurang minum atau dehidrasi dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Mengonsumsi cukup air setiap hari penting untuk membantu tubuh membuang asam urat melalui urine.

Gaya hidup yang tidak aktif

Kegiatan fisik yang kurang dapat menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh. Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko asam urat tinggi.

Konsumsi minuman manis buatan

Minuman manis buatan yang mengandung fruktosa tambahan dapat meningkatkan risiko asam urat tinggi. Fruktosa dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Imunisasi Bagi Kesehatan Anak

Faktor genetik

Ada kecenderungan genetik dalam beberapa kasus asam urat tinggi. Jika ada riwayat keluarga dengan gangguan ini, penting untuk lebih berhati-hati dalam mengelola faktor risiko lainnya.

Dengan menghindari faktor-faktor tersebut dan menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat, Anda dapat membantu mengurangi risiko asam urat tinggi atau mengelola kondisi tersebut dengan lebih baik. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kadar asam urat Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×