kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45986,07   -3,86   -0.39%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asam Urat Tinggi Karena Apa? Apakah Durian Menyebabkan Asam Urat Naik?


Senin, 04 Desember 2023 / 07:01 WIB
Asam Urat Tinggi Karena Apa? Apakah Durian Menyebabkan Asam Urat Naik?
ILUSTRASI. Asam Urat Tinggi Karena Apa? Apakah Durian Menyebabkan Asam Urat Naik?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Penyebab Asam Urat Tinggi  - Jakarta. Asam urat tinggi karena apa saja? Apakah durian menyebabkan asam urat tinggi?

Banyak orang yang bertanya, asam urat tinggi karena apa? Hal ini karena, sebagian dari masyarakat di sekitar kita sering mengeluhkan menderita asam urat.

Asam urat tinggi biasanya diderita orang dewasa. Khusus untuk wanita, asam urat tinggi biasanya terjadi setelah mengalami menopause.

Lalu, asam urat tinggi karena apa?

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian.

Gejala asam urat tinggi dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Berikut sejumlah gejala asam urat

  • Sendi mendadak terasa sangat sakit.
  • Kesulitan untuk berjalan akibat sakit yang mengganggu, khususnya di malam hari.
  • Nyeri akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, rasa panas, serta muncul warna kemerahan pada kulit sendi.
  • Saat gejala mereda dan bengkak pun mengempis, kulit di sekitar sendi yang terkena akan tampak bersisik, terkelupas dan terasa gatal.

Asam urat tinggi karena apa?

Secara alamiah, asam urat adalah senyawa yang diproduksi oleh tubuh untuk mengurai purin. Purin merupakan zat alami yang memiliki beberapa fungsi penting bagi tubuh. Mulai dari mengatur pertumbuhan sel hingga menyediakan energi. Nantinya, ketika sudah selesai digunakan tubuh, asam urat akan dibuang melalui urine.

Namun, terkadang tubuh dapat menghasilkan terlalu banyak asam urat atau ginjal mengalami gangguan sehingga mengeluarkan terlalu sedikit asam urat. Ketika ini terjadi, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal urat tajam seperti jarum di sendi atau jaringan di sekitarnya yang menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan. Pada dasanya penyebab asam urat ada 2 macam, yang menyebabkan penyakit asam urat primer dan penyakit asam urat sekunder.

Berikut faktor-faktor penyebab asam urat tinggi:

  • Memiliki keluarga yang mengidap asam urat.
  • Baru saja mengalami cedera atau pembedahan.
  • Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna).
  • Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula.
  • Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas.

Selain faktor risiko di atas, asam urat tinggi bisa terjadi karena sejumlah hal berikut:

1. Makanan tinggi zat purin seperti jeroan hewan, hidangan laut, dan daging merah.

2. Minuman dengan gula tinggi dan minuman beralkohol.

3. Menggunakan obat-obatan dengan jenis tertentu, seperti obat pengencer darah, obat penghambat enzim, dan obat-obatan kemoterapi.

Baca Juga: Apa Manfaat Apel untuk Asam Urat? Ini 10 Makanan yang Menurunkan Asam Urat

Durian menyebabkan asam urat?

Lalu, apakah durian menyebabkan asam urat naik?

Menurut website Siloam Hospital, durian bisa menyebabkan asam urat tinggi. Seseorang dengan kadar asam urat tinggi tidak disarankan untuk mengonsumsi durian.

Pasalnya, durian mengandung purin yang cukup tinggi dan dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi buah selain durian.

Selain durian, buah yang bisa menyebabkan asam urat naik antara lain nanas, nangka, plum dan anggur. Merujuk laman Grid Health, dalam 100 gram (g) plum kering mengandung 64miligram (mg) purin.

Buah untuk menurunkan asam urat

Sementara itu, sejumlah buah-buahan memiliki manfaat untuk membantu menurunkan asam urat. Laman Kemenkes, menyatakan salah satu buah untuk menurunkan asam urat adalah buah ceri.

Cara konsumsi buah ceri untuk menurunkan asam urat adalah dengan dimakan secara langsung. Buah ceri untuk menurunkan asam urat juga bisa dibuat jus.

Jumlah yang disarankan untuk menurunkan asam urat dengan buah ceri adalah sekitar setengah cangkir ceri per hari.

Jus lemon juga bermanfaat untuk menurunkan asam urat. Caranya, jus lemon dicampur dengan cuka sari apel dan kunyit.

Cara membuatnya adalah campurkan perasan setengah lemon ke dalam air hangat, lalu tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Kamu bisa membuatnya sesuai selera. Minum minuman tersebut 2-3 kali sehari

Itulah penyebab asam urat naik serta penjelasan buah durian bisa menyebabkan asam urat. Mari jaga pola makan agar selalu sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×