kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Buah Penurun Asam Urat


Senin, 17 Juli 2023 / 08:42 WIB
Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Buah Penurun Asam Urat
ILUSTRASI. Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Buah Penurun Asam Urat


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Grid,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Buah Yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat - Jakarta.  Penderita asam urat harus selektif dalam konsumsi makanan. Ada sejumlah buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Namun ada juga buah penurun asam urat.

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat wajib dihindari. Pasalnya, buah-buahan itu bisa menyebabkan kadar asam urat semakin tinggi.

Walhasil, penyakit asam urat bisa sering kambuh. Tak hanya itu, penyakit asam urat semakin susah disembuhkan.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan standar asam urat normal pada wanita antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL. 

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: Standar Asam Urat Laki-Laki & Wanita Dan Penyebab Asam Urat Naik yang Harus Dikenali

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan  gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

Berikut beberapa buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, dilansir dari Grid.id:

1. Nangka

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang pertama adalah nangka. Buah tropis yang bisa dengan mudah ditemukan di wilayah Asia seperti Indonesia, mempunyai kandungan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh seperti vitamin C, asam folat (vitamin B9), magnesium, dan kalium.

Namun, bagi penyintas asam urat sebaiknya membatasi atau bahkan sama sekali tidak mengonsumsi nangka. Kadar purin yang tinggi dalam buah ini, dapat menyebabkan kekambuhan.

2. Durian

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang kedua adalah durian. Terdapat kandungan kolesterol yang tinggi di durian.

Selain meningkatkan kadar kolesterol, makan durian yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kekambuhan asam urat.

3. Rambutan

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang ketiga adalah rambutan. Ketika sudah matang sempurna, rambutan akan memberikan rasa manis ketika dimakan secara langsung. Namun jika tingkat kematangannya terlalu tinggi, gula dalam buah ini bisa berubah menjadi alkohol.

4. Nanas

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang keempat adalah nanas. Nanas mempunyai kandungan serat dan vitamin yang tinggi, sehingga baik bagi kesehatan. Akan tetapi, sama seperti gula alami dalam rambutan, nanas bisa berubah menjadi alkohol saat ada di dalam sistem pencernaan. Alkohol yang terbentuk secara alami tersebut, dapat memicu kenaikan kadar asam urat.

5. Plum

Plum termasuk buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Contoh, dalam 100 gram (g) plum kering mengandung 64miligram (mg) purin.

6. Anggur

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang keenam adalah anggur. Hal ini karena anggur mengandung banyak fruktosa.

Fruktosa merupakan jenis gula monosakarida yang memberi rasa manis alami beberapa pada buah, termasuk anggur. Dikutip dari laman Everyday Health, para peneliti melaporkan adanya korelasi antara makanan tinggi fruktosa dan gejala asam urat, yang juga mencakup kondisi nyeri kronis.

7. Kurma

Buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat yang ketujuh adalah kurma. Sama dengan anggur, kurma juga menjadi buah tinggi fruktosa. Fruktosa yang ditemukan di dalamnya, akan merangsang produksi asam urat dalam darah.

Buah penurun asam urat

Jika ada buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat, sebaliknya ada buah penurun asam urat. Mengutip Kompas.com, sejumlah buah-buahan bermanfaat untuk membantu menurunkan asam urat tinggi secara alami.

1. Buah ceri

Buah penurun asam urat yang pertama adalah konsumsi buah ceri. Menurut Health Central, buah ceri dapat membantu menurunkan asam urat dalam tubuh.

Sebab, buah ini memiliki kandungan purin yang rendah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ceri dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

2. Buah pisang

Buah penurun asam urat yang kedua adalah konsumsi buah pisang. Menurut sejumlah penelitian, buah manis dan legit satu ini mengandung sedikit purin dan kaya vitamin C.

Penelitian dari Departemen Pertanian AS menunjukkan bahwa satu buah pisang mengandung 14,1 mg vitamin C dan memenuhi sekitar 16 persen dari kebutuhan harian seseorang. Kandungan vitamin C pada buah pisang ini bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat berulang.

3. Buah jeruk

Buah penurun asam urat yang ketiga adalah konsumsi buah jeruk. Australian Menopause Centre menyatakan buah jeruk juga bisa membantu menurunkan asam urat dalam tubuh karena kaya akan vitamin C.

Vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mencegah kambuhnya asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 1000mg vitamin C per hari dapat mengurangi kadar asam urat dan membantu meredakan asam urat.

Selain buah jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi jenis buah jeruk lain, seperti jeruk bali.

4. Apel

Buah penurun asam urat yang keempat adalah konsumsi buah apel. Menurut Live Strong, buah-buahan yang mengandung tingkat oksalat tinggi dapat menyebabkan batu ginjal, terutama jika Anda menderita asam urat.

Itulah daftar buah yang tidak boleh dimakan penderita asam urat dan buah penurun asam urat tinggi. Segera hubungi dokter jika mengalami gejala asam urat.

Selanjutnya: IHSG Berlanjut Rally, Intip Rekomendasi Saham dari Samuel Sekuritas Hari Ini (17/7)

Menarik Dibaca: Moms, Inilah 5 Olahraga untuk Kesehatan Mata yang Bisa Anda Coba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×