kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Standar Asam Urat Laki-Laki & Wanita Dan Penyebab Asam Urat Naik yang Harus Dikenali


Selasa, 01 November 2022 / 13:33 WIB
Standar Asam Urat Laki-Laki & Wanita Dan Penyebab Asam Urat Naik yang Harus Dikenali
ILUSTRASI. standar asam urat laki-laki antara 3,4 ? 7,0 mg/dL


Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali standar asam urat normal pada laki-laki dan wanita. Pahami juga penyebab asam urat naik.

Mengenali standar asam urat normal pada laki-laki dan wanita sangat penting bagi setiap orang. Pasalnya, di tengah gaya hidup yang tidak sehat, banyak laki-laki dan wanita mengeluhkan asam urat yang tinggi.

Lalu berapa standar asam urat normal pada laki-laki dan wanita? Apa saja penyebab asam urat naik?

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan standar asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL. 

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu  pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Agar Asam Urat Tak Berkutik

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan  gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat adalah zat hasil metabolisme atau olahan purin di dalam tubuh. Purin sebenarnya secara alami sudah dihasilkan oleh tubuh kita, selain itu purin juga dapat ditemukan dalam beberapa jenis makanan dan minuman.

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat, yaitu makanan dan minuman yang mengandung purin. Makanan dapat dikatakan mengandung purin tinggi jika memiliki kadar purin lebih dari 200mg per 100 gram berat makanan.

Apa saja penyebab asam urat naik?

Penyebab asam urat naik

Dilansir dari Kompas.com, ada banyak hal penyebab asam urat naik. Penyebab asam urat naik bisa karena makanan, minuman, hingga obat-obatan.

Berikut rincian penyebab asam urat naik yang harus diwaspadai:

1. Daging dan makanan laut tertentu

Penyebab asam urat naik yang pertama adalah daging dan makanan laut tertentu. Daging-dagingan dan makanan laut tertentu memiliki kandungan purin yang tinggi.

Diketahui, purin adalah hasil metabolisme protein yang dapat membentuk kristal asam urat dan bisa menumpuk pada sendi-sendi tangan serta ginjal atau saluran kencing. Daging dan makanan laut yang memiliki kadar purin tinggi, antara lain: daging merah, seperti daging sapi, domba, dan babi daging organ, seperti hati dan ginjal beberapa jenis ikan teri ikan sarden kerang ikan trout tuna.

Kendati demikian, tidak semua makanan tinggi purin dapat menyebabkan asam urat. Sayuran seperti kacang polong, buncis, lentil, asparagus, bayam, dan jamur juga mengandung purin, namun bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang, tidak berpengaruh pada risiko asam urat.

2. Alkohol

Penyebab asam urat naik yang kedua adalah alkohol. Minuman beralkohol seperti bir, anggur, atau whiskey diketahui dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin besar risiko serangan asam urat. Sebaiknya batasi atau hindari konsumsi alkohol untuk mencegah asam urat dan berbagai penyakit kronis lainnya.

3. Minuman dan makanan tinggi fruktosa

Penyebab asam urat naik yang ketiga adalah minuman dan makanan tinggi fruktosa. Fruktosa adalah sejenis gula yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Minuman tinggi fruktosa, seperti jus buah dan minuman ringan manis, terbukti meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Konsumsi makanan tinggi fruktosa, seperti kue dan permen, juga dikaitkan dengan peningkatan risiko asam urat.

4. Obesitas

Penyebab asam urat naik yang keempat adalah obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas sering dikaitkan dengan pemicu asam urat.

Jika Anda termasuk dalam kategori orang dengan berat badan berlebih segera lakukan diet dan olahraga rutin untuk menurunkan kadar asam urat serta mencegah kekambuhan.

5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Penyebab asam urat naik yang kelima adalah obat-obatan tertentu. Konsumsi obat-obatan seperti pirazinamid (obat anti-tuberkulosis), obat diuretik atau HCT, dan salisilat dapat mengakibatkan pembuangan asam urat sangat berkurang.

Hal ini bisa terjadi akibat ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan asam urat yang berlebih dari dalam tubuh. Selain itu, aspirin dalam dosis rendah juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Dikutip dari Health, sebuah studi menunjukkan bahwa risiko lonjakan kadar asam urat meningkat setelah dua hari mengonsumsi aspirin dosis rendah. Meski demikian, Anda tidak dapat menurunkan dosis aspirin tanpa konsultasi dengan dokter. Terlebih, aspirin sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masalah jantung dan stroke.

Itulah standar asam urat normal pada laki-laki dan wanita serta penyebab asam urat naik yang harus diwaspadai. Mari jaga asam urat agar tetap sesuai standar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×