kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Benarkah Minum Kunyit Sembuhkan Asam Urat? Cek Obat Generik Asam Urat Di Apotek


Jumat, 21 Juli 2023 / 11:56 WIB
Benarkah Minum Kunyit Sembuhkan Asam Urat? Cek Obat Generik Asam Urat Di Apotek
ILUSTRASI. Benarkah Minum Kunyit Sembuhkan Asam Urat? Cek Obat Generik Asam Urat Di Apotek


Reporter: Adi Wikanto, Helvana Yulian | Editor: Adi Wikanto

Minum Kunyit untuk Asam Urat - Apakah minum kunyit bisa menyembuhkan asam urat? Cek obat generik asam urat yang bisa dibeli di apotik.

Diberitakan Kompas.com, kunyit biasa digunakan dalam pengobatan alami untuk mengatasi sejumlah penyakit seperti asam urat. Asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang ditandai dengan penumpukan kristal asam urat di area persendian yang memicu peradangan hingga nyeri.

Mungkin ada sebagian orang yang meyakini bahwa kunyit bisa menjadi obat untuk asam urat karena memiliki sejumlah kandungan yang bersifat antiinflamasi. Misalnya saja pada kurkumin, senyawa potensial pada kunyit ini disebut sebagai agen antiinflamasi yang kuat.

Sehingga konsumsi kunyit secara rutin dianggap mampu memberikan efek antiinflamasi yang dapat mengurangi peradangan di area sendi. Tetapi apakah manfaat kunyit dalam mengatasi asam urat benar-benar efektif?

Baca Juga: 5 Gejala Asam Urat atau Gout Dapat Diketahui dari Jempol Kaki & 6 Cara Mengobatinya

Fakta kunyit untuk asam urat

Pengobatan asam urat sebagian besar mengarah pada pengurangan kadar asam urat di dalam tubuh serta mengurangi tingkat peradangan. Sementara kunyit mungkin memiliki efek antiinflamasi yang berkaitan dengan kondisi serta gejala yang dialami pasien.

Melansir laman Medical News Today, para peneliti sedang mengeksplorasi potensi dan manfaat kunyit untuk asam urat. Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa kurkumin di dalam kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri akibat asam urat.

Kemudian sifat analgesik pada kunyit juga bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan akibat peradangan sendi. Jenis rimpang yang berwarna kuning-oranye ini juga memiliki sedikit efek diuretik dengan skala ringan, sehingga dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan kadar asam urat melalui buang air kecil.

Penelitian lain juga menunjukkan fakta bahwa kandungan kurkumin memiliki bioavailabilitas yang buruk. Itu berarti tubuh tidak dapat menyerapnya dengan mudah. Menurut laporan studi di tahun 2017, tingkat penyerapan kunyit di dalam tubuh akan lebih mudah jika terpapar bahan aktif semacam piperin (senyawa yang ada pada lada hitam).

Bahkan tingkat penyerapan itu bisa meningkat sekitar 2.000 persen. Persentase itu menunjukkan bahwa kita bisa mendapatkan manfaat optimal dari kunyit ketika dikonsumsi berbarengan dengan lada hitam. Misalnya dijadikan minuman herbal, jamu atau dicampurkan menjadi bumbu masakan.

Lebih lanjut, meski pun sejumlah kandungannya dinilai memiliki potensi untuk dijadikan obat alami pada pasien asam urat, namun penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengonfirmasi berbagai manfaat kunyit untuk asam urat serta penggunaan yang optimal. Bagi pasien asam urat yang ingin menggunakan kunyit sebagai obat herbal pun perlu meninjau kembali bahwa kunyit belum dapat dijadikan sebagai upaya pengobatan utama.

Pasien perlu mendapatkan saran dari dokter terkait untuk memastikan jumlah kunyit yang aman dikonsumsi agar sesuai dengan kondisi kesehatan tubuhnya.

Obat generik asam urat di apotik

Ada beragam pilihan obat generik asam urat yang baik dengan cara alami maupun obat-obatan medis. Jenis obat generik asam urat ini umumnya bekerja dengan dua cara, yaitu meredakan rasa sakit dan mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam tubuh. 

Dilansir Deutsches Arzteblatt International, simak beberapa obat generik asam urat yang bisa membantu meredakan nyeri sendi di apotek, antara lain:  

Baca Juga: Wajib Dicatat Moms! Ini Sederet Cara Mengatasi Asam Urat Dengan Bahan Alami

1. Febuxostat

Obat generik asam urat di apotik yang pertama adalah febuxostat.  Febuxostat juga merupakan obat asam urat yang berfungsi untuk mengurangi produksi jumlah asam urat yang dihasilkan tubuh. 

Sama seperti allopurinol, konsumsi febuxostat juga dimulai dari dosis rendah terlebih dahulu, yaitu 80 mg setiap harinya. Jika dibutuhkan, dokter akan meningkatkan dosis obat ini. 

2. Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID)

Obat generik asam urat di apotik yang kedua adalah obat dengan kandungan NSAID. NSAID bisa membantu mempersingkat waktu serangan asam urat. 

Jika asam urat terasa lebih parah, maka seseorang tersebut membutuhkan NSAID dengan efek lebih kuat seperti indometasin atau celecoxib. 

Baca Juga: Tanpa Obat, Begini Cara Alami yang Efektif Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

3. Probenecid

Obat generik asam urat di apotik yang ketiga adalah Probenecid. Probenecid adalah salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah. 

Dosis awal probenecid yang diberikan dokter untuk mengobati asam urat adalah 250 mg dan diminum 2 kali sehari. Jika kadar asam urat dalam darah masih tinggi, dosisnya pun akan ditingkatkan. 

4. Colchicine

Obat generik asam urat di apotik yang keempat adalah obat colchicine untuk mengatasi asam urat yang menimbulkan gejala nyeri, yang direkomendasikan oleh dokter. 

Fungsinya sama seperti OAINS, yaitu meredakan rasa nyeri akibat penyakit asam urat sekaligus mencegah kekambuhan serangan gejala gout.  

Baca Juga: Sebaiknya Dihindari Moms! Sederet Makanan dan Minuman Pantangan untuk Asam Urat

5. Allopurinol

Obat generik asam urat di apotik yang kelima adalah allopurinol. Allopurinol adalah salah satu obat asam urat yang umum diresepkan untuk mengurangi penumpukan kadar asam urat dalam darah. 

Obat ini biasanya akan diresepkan dalam dosis yang rendah, yaitu 100–300 mg setiap harinya. Jika kadar asam urat masih tetap tinggi, dokter mungkin akan meningkatkan dosis obat ini. 

Meski beberapa obat alami di atas diyakini bisa mengatasi asam urat, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya. 

Selain itu, jika Anda memiliki asam urat dan ingin menggunakan obat asam urat di atas, sebaiknya konsultasikan lebih dulu ke dokter.

Dengan begitu, pengobatan asam urat yang Anda jalani pun bisa lebih efektif.

Itulah manfaat minum kunyit untuk asam urat dan obat generik asam urat untuk meredakan nyeri sendi yang bisa dibeli di apotik terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×