kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah Tanda-Tanda Terkena Asam Urat, Waspadai Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda


Kamis, 22 Februari 2024 / 05:00 WIB
Inilah Tanda-Tanda Terkena Asam Urat, Waspadai Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda
ILUSTRASI. Inilah Tanda-Tanda Terkena Asam Urat, Waspadai Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Penyebab Asam Urat Tinggi Di Usia Muda - Jakarta. Inilah tanda-tanda terkena asam urat. Waspadai sejumlah penyebab asam urat tinggi di usia muda.

Penyakit asam urat biasanya menyerang orang dewasa usia 40 tahun ke atas. Namun, belakangan ini semakin banyak anak muda yang mengeluhkan asam urat tinggi.

Lalu, apa tanda-tanda terkena asam urat? Apa saja penyebab asam urat tinggi di usia muda?

Tanda-tanda asam urat

Dilansir dari Kompas.com, tanda-tanda asam urat bisa berbeda-beda tergantung tahapannya. Serangan asam urat pada tahap awal biasanya ditandai dengan nyeri ringan yang muncul pada persendian. Nyeri tersebut dapat langsung hilang atau mereda seiring waktu, namun cenderung memburuk pada serangan selanjutnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut tanda-tanda orang terkena asam urat seperti dikutip dari Verywell Health dan Medical News Today?

Baca Juga: Daun Mangga Mengobati Asam Urat?

  • Nyeri sendi yang intens

Tanda-tanda asam urat pertama adalah nyeri sendi tak tertahankan yang muncul secara intens. Nyeri tersebut muncul karena adanya kristal asam urat dengan tekstur tajam yang mengebai sendi. Nyeri sendi dapat berlangsung dalam beberapa jam dan mencapai puncaknya dalam 24 jam setelah serangan muncul. Jika tidak diobati, nyeri akibat serangan gout dapat berlangsung dalam beberapa hari hingga berminggu-minggu.

  • Sendi membengkak

Tanda-tanda orang terkena asam urat berikutnya yaitu pembengkakan sendi. Pembengkakan atau peradangan dimulai dari jaringan pelapis sendi atau sinovium hingga terlihat menonjol di kulit.

  • Kulit menjadi kemerahan

Tanda-tanda asam urat lainnya adalah kulit menjadi kemerahan. Peradangan akut pada sendi yang terkena serangan asam urat menyebabkan kulit tampak kemerahan.

  • Sensasi panas

Tanda-tanda asam urat selanjutnya berupa sensasi panas. Beberapa penderita asam urat juga merasakan sensasi panas atau rasa hangat yang dipicu oleh peradangan akut.

  • Persendian sulit digerakkan

Rasa nyeri dan pembengkakan menyebabkan area sendi sulit digerakkan atau rentang gerak menjadi terbatas. Jika serangan gout terjadi di persendian kaki, penderita kemungkinan akan kesulitan berjalan.

Penyebab asam urat tinggi di usia muda

Diberitakan Momsmoney.id, asam urat adalah jenis radang sendi yang umum yang dapat menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, dan kekakuan pada persendian.  Serangan asam urat dapat datang dengan cepat dan terus kembali seiring berjalannya waktu, kemudian secara perlahan merusak jaringan di daerah peradangan. 

Sebenarnya sering sakit lutut bukan disebabkan dari asam urat, terutama untuk orang yang berusia lanjut. Data penelitian membuktikan bahwa pengapuran sendi (osteoartritis) adalah penyebab tersering sakit lutut. 

Mengutip dari Medical News Today, inilah beberapa penyebab asam urat tinggi di usia muda:

1. Penyakit turunan

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang pertama adalah karena penyakit turunan.  Berdasarkan penelitian, 20 persen penyakit asam urat diduga juga merupakan penyakit turunan. Jadi jika Anda memiliki keluarga yang berpenyakit asam urat, maka berisiko mengalami penyakit asam urat juga. 

2. Penumpukan kristal asam pada sendi

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang kedua adalah penumpukan kristal asam urat pada sendi. 

Asam urat lebih sering menyerang sendi-sendi atau tulang-tulang yang lebih kecil, misalnya jari jemari, pergelangan tangan, dan kaki. 

Nyeri sendi yang diakibatkan dari asam urat juga akan memunculkan proses peradangan yang mengakibatkan pembengkakan, rasa hangat, dan kemerahan, pada sendi yang sakit.

3. Konsumsi makanan mengandung purin

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang ketiga adalah mengonsumsi makanan mengandung purin.  Contoh hidangan laut seperti kerang-kerangan, ikan teri, ikan makarel, dan kepiting. Daging merah seperti sapi, kambing, dan kerbau. 

Tidak hanya makanan di atas, tapi mengonsumsi minuman manis yang megandung gula buatan atau alami serta minuman beralkohol yang berlebihan bisa menjadi penyebab asam urat.  

3. Tubuh tidak bisa mengontrol asam urat dengan baik

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang ketiga adalah tubuh tidak bisa mengontrol asam urat dengan baik.  Asam urat sebagian dibuang lewat ginjal dalam bentuk urin dan sebagian lagi terbuang lewat saluran pencernaan dalam bentuk tinja. 

Hal ini menyebabkan asam urat  membentuk kristal-kristal tajam natrium urat berukuran kecil yang berlebihan sehingga menyebabkan penumpukan di jaringan tubuh. 

4. Memiliki penyakit kronis lainnya

Penyebab asam urat tinggi di usia muda yang terakhir adalah memiliki riwayat penyakit kronis lainnya.  Bagi orang-orang yang sedang menjalani proses pengobatan dengan mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu.  

Obat tersebut misalnya aspirin, niacin, obat penghambat beta (beta blocker), diuretik, sislosporin, dan obat-obatan kemoterapi bisa juga memiliki risiko tinggi terjangkit penyakit asam urat.   

Bagi yang sedang memiliki penyakit seperti ginjal kronik, hipertensi, kolestrol tinggi, obesitas, diabetes, psoriasis, dan sindrom metabolisme juga berisiko terkena penyakit asam urat. 

Itulah beberapa tanda-tanda terkena asam urat dan penyebab asam urat tinggi di usia muda. Segera hubungi dokter jika merasakan tanda-tanda asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×