kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45934,99   7,35   0.79%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Minum Air Putih di Pagi Hari Bisa Pangkas Berat Badan, Cek 4 Manfaat Lainnya


Rabu, 15 Maret 2023 / 09:23 WIB
Minum Air Putih di Pagi Hari Bisa Pangkas Berat Badan, Cek 4 Manfaat Lainnya
ILUSTRASI. Jika seseorang rutin mengonsumsi air putih setiap pagi, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan.


Sumber: Medical News Today | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minum air sangat penting bagi kesehatan tubuh. Jika seseorang rutin mengonsumsi air putih setiap pagi, hal itu bisa memberi mereka beberapa manfaat kesehatan.

Berikut adalah lima manfaat minum air putih di pagi hari, seperti yang dilansir dari Medical News Today:

 

1. Untuk kinerja mental

Menurut sebuah studi 2016, air dapat berdampak pada kognisi dan kinerja mental - bahkan dehidrasi ringan dapat memiliki efek buruk pada kognisi.

Sebuah tinjauan tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Namun, para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik.

Baca Juga: Mudah didapat! Ini bahan alami perontok asam urat tinggi

Selain itu, peserta dalam penelitian ini minum air sepanjang hari. Ini mungkin menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin diperlukan untuk kinerja mental yang lebih baik daripada hanya minum air di pagi hari.

Studi 2019 lainnya pada mahasiswa laki-laki menemukan bahwa dehidrasi memiliki efek negatif pada memori dan perhatian jangka pendek. Memori dan perhatian jangka pendek meningkat setelah para peserta kembali terhidrasi.

Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja mentalnya, minum air putih khususnya di pagi hari dapat membantu.

2. Untuk menurunkan berat badan

Beberapa orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.

Misalnya, sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki hubungan dengan peningkatan komposisi tubuh pada orang dewasa muda.

Sebuah studi di 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 mililiter (ml) air sebelum makan selama 12 minggu.

Baca Juga: Tanpa obat! Begini cara mengatasi asam lambung naik secara alami

Para peneliti sebagian mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Ini berarti mereka makan lebih sedikit daripada orang yang tidak minum air sebelum makan.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×