kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45900,82   11,02   1.24%
  • EMAS1.333.000 0,45%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Kulit Manggis Untuk Kulit, Ada 8 Khasiat Lainnya


Senin, 13 Mei 2024 / 14:03 WIB
Manfaat Kulit Manggis Untuk Kulit, Ada 8 Khasiat Lainnya
ILUSTRASI. Kulit Manggis


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat kulit manggis untuk menjaga kesehatan kulit adalah salah satu khasiat yang cukup menarik perhatian. Tak hanya itu, ada berbagai manfaat kulit manggis lainnya bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Buah manggis (Garcinia mangostana) adalah salah satu buah tropis yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan khas. 

Meskipun daging buah manggis begitu populer, tahukah Anda bahwa kulitnya juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa? Kulit manggis mengandung berbagai senyawa bioaktif yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Manfaat Kulit Sawo Untuk Menurunkan Kolesterol, Simak 5 Khasiat Lainnya

Melansir dari Healthline, berikut beragam manfaat kulit manggis untuk kesehatan:

1. Antioksidan Tinggi

Kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang kuat, terutama xanthones. Xanthones memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan jaringan. Dengan mengonsumsi kulit manggis, Anda dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif dan berbagai penyakit yang terkait dengan radikal bebas, seperti kanker dan penyakit jantung.

Baca Juga: Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Dari Sayuran Hijau

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Senyawa antioksidan dalam kulit manggis juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan memperkuat pertahanan tubuh, Anda akan lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit. Selain itu, ini juga dapat membantu dalam proses penyembuhan tubuh ketika Anda sakit.

3. Anti-inflamasi

Kulit manggis mengandung senyawa anti-inflamasi, yang berarti dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis dapat menjadi faktor risiko untuk berbagai penyakit, termasuk arthritis, penyakit jantung, dan diabetes. Dengan mengonsumsi kulit manggis, Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit-penyakit ini.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kulit manggis juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Senyawa dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi tekanan darah dan mengontrol kadar kolesterol. Ini adalah faktor penting dalam mencegah penyakit jantung yang serius.

Baca Juga: Obat Trigeliserida Tinggi Alami, Sudah Coba 6 Hal Berikut?

5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kulit manggis mengandung serat, yang penting untuk kesehatan pencernaan. Serat membantu mengatur gerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, serat juga dapat membantu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik.

6. Potensi Antikanker

Meskipun penelitian tentang potensi antikanker kulit manggis masih terus berlanjut, beberapa studi awal menunjukkan bahwa senyawa xanthone dalam kulit manggis dapat memiliki efek antikanker. Ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan menekan perkembangan tumor.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kulit manggis juga dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam kulit manggis dapat membantu mengurangi akumulasi lemak dalam tubuh. Ini dapat menjadi tambahan yang berguna dalam program penurunan berat badan Anda.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Teh Jahe Lainnya Untuk Kesehatan

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit manggis juga digunakan dalam produk-produk perawatan kulit karena khasiatnya dalam menjaga kesehatan kulit. Senyawa antioksidan dalam kulit manggis membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan penuaan dini.

Meskipun kulit manggis memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, perlu diingat bahwa ada cara yang tepat untuk mengonsumsinya. Anda dapat membuat teh kulit manggis, atau mencari suplemen kulit manggis yang telah diolah dengan benar. Selalu konsultasikan dengan profesional medis sebelum memulai penggunaan suplemen baru, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mendasar.

Dalam rangka menjaga kesehatan tubuh dan mendapatkan manfaat dari kulit manggis, penting untuk mengintegrasikannya ke dalam pola makan yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Meskipun buah ini memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan kesehatan tubuh, selalu ingatlah untuk menjaga keragaman dalam diet Anda dan tidak mengandalkan satu sumber nutrisi saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×