Makanan apa yang bisa turunkan gula darah dengan cepat? Cek di sini

Kamis, 25 November 2021 | 08:11 WIB Sumber: Medicinenet
Makanan apa yang bisa turunkan gula darah dengan cepat? Cek di sini

ILUSTRASI. Menjaga kadar gula darah Anda terkendali bisa dengan makan sehat, tetap aktif secara fisik dan mengelola stres. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Penyakit kencing manis atau diabetes mellitus adalah kondisi kesehatan jangka panjang yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa darah. 

Melansir medicinenet.com, penyakit ini mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Makanan yang Anda makan diubah menjadi bentuk yang lebih sederhana, paling umum glukosa, di dalam tubuh. 

Ketika glukosa dalam darah meningkat, tubuh melepaskan hormon yang disebut insulin dalam darah. Insulin membawa kadar glukosa darah tinggi kembali ke tingkat normal. 

Pada diabetes, baik ada kekurangan insulin atau tubuh tidak mampu merespon insulin (resistensi insulin). Dalam salah satu kasus, ada peningkatan konsentrasi glukosa dalam darah yang dikenal sebagai hiperglikemia.

Baca Juga: Inilah ciri-ciri awal diabetes tipe 2, kenali sejak dini agar tidak semakin parah

Jika Anda menderita diabetes, Anda harus memeriksakan kadar gula darah Anda secara teratur untuk memastikan kadarnya tidak terlalu rendah (kurang dari 70 mg/dL disebut hipoglikemia) atau terlalu tinggi (lebih dari 180 mg/dL). 

Tergantung pada usia Anda dan kondisi kesehatan lainnya, dokter mungkin menyarankan Anda untuk menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang mereka anggap aman dan sehat. 

Setiap kali kadar gula darah lebih dari 240 mg/dL, Anda harus memeriksa keberadaan keton dalam urin dengan menggunakan alat tes keton yang dijual bebas (OTC). Tingkat keton yang tinggi dapat menjadi tanda keadaan darurat medis yang serius yang disebut ketoasidosis diabetikum. 

Cari bantuan medis segera jika urin Anda menunjukkan adanya keton atau Anda memiliki tanda-tanda ketoasidosis, seperti napas cepat, mual dan muntah, sakit perut, sakit kepala, atau bau buah dari mulut.

Baca Juga: Jalan kaki bisa menurunkan berat badan, sudah tahu? Ini caranya

Untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mengelola kadar gula darah tinggi di rumah, Anda perlu mengetahui apa yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. 

Beberapa alasannya antara lain:

  • Tidak mengikuti rencana makan diabetes
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Adanya beberapa infeksi
  • Teknik yang salah dalam mengambil suntikan insulin (dokter Anda akan mengajari Anda cara menyuntikkan insulin dengan benar)
  • Dosis atau waktu yang salah (tentang makan) obat diabetes
  • Stres atau cedera apa pun termasuk operasi

Menjaga kadar gula darah Anda terkendali dengan makan sehat, tetap aktif secara fisik, mengelola stres, dan minum obat sesuai resep sangat penting. Tingkat gula darah yang tinggi dapat dengan cepat diturunkan dengan menyuntikkan insulin yang bekerja cepat. 

Anda dapat bertanya kepada dokter tentang dosis yang akan disuntikkan untuk mencegah penurunan gula darah Anda ke tingkat yang sangat rendah. Jika Anda memiliki kadar gula darah tinggi, berolahraga dapat membantu menurunkannya. 

Kadar gula darah tinggi yang sering atau terus-menerus memerlukan perhatian medis untuk mengetahui penyebab hiperglikemia.

Baca Juga: 4 Cara menurunkan kadar gula darah dengan cepat dan aman

Meskipun diet memainkan peran utama dalam mengatur kadar gula darah, tidak ada makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan cepat. Namun Anda dapat memasukkan makanan dalam diet Anda yang akan membantu mengatur gula darah Anda pada tingkat yang sehat dan mencegah terjadinya episode gula darah tinggi. 

Mengutip medicinenet.com, rencana makan diabetes yang sehat mengandung berbagai nutrisi dalam proporsi yang sehat. Beberapa makanan yang membantu menjaga kadar gula darah Anda dalam kisaran yang sehat meliputi:

Sayuran:

  • Kacang hijau
  • Bawang
  • Selada
  • Kubis
  • Sayuran hijau seperti bayam, sawi, kangkung, dan bit
  • kacang hijau
  • Tomat
  • Mentimun
  • Pok choy
  • Artichoke
  • kubis Brussel
  • Brokoli
  • Kembang kol 
  • Seledri
  • Terong
  • Paprika termasuk paprika dan jalapeno
  • Timun Jepang
  • Labu crookneck
  • Kacang polong salju

Baca Juga: 5 jenis kacang dan biji-bijian yang efektif meredakan nyeri tulang

Buah-buahan tertentu:

  • Apel
  • Buah pir
  • Prem
  • Alpukat
  • Zaitun
  • Aprikot kering
  • pisang mentah
  • Persik
  • Stroberi
  • Jeruk
  • Ceri
  • Kelapa
  • Jeruk bali
  • Cranberry
  • Bluberi

Biji-bijian utuh atau minimal diproses:

  • Jelai
  • Gandum utuh
  • Dedak gandum dan sereal dedak padi
  • Pasta gandum utuh
  • Roti labu gandum utuh
  • Roti asam
  • tortila gandum
  • Kacang dan selai kacang
  • Jamur
  • Biji-bijian seperti labu, chia, bunga matahari, dan biji rami
  • Unggas seperti ayam dan kalkun
  • Telur dan putih telur
  • Ikan dan kerang
  • Daging seperti sapi dan babi
  • Minyak seperti minyak zaitun extra virgin dan minyak canola
  • Rempah-rempah seperti kayu manis dan suplemen seperti cuka sari apel

Baca Juga: Ini minuman herbal yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh

Produk susu dan produk pengganti susu:

  • Yogurt hambar
  • Keju
  • Pondok keju
  • susu
  • Susu kedelai dan yogurt

Memasukkan makanan ini dalam proporsi yang sehat bersama dengan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah dengan baik. 

Anda dapat meminta bantuan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui tentang rencana makan yang sehat.

 

Selanjutnya: Intip rekomendasi saham saat IHSG diproyeksi kembali menguat hari ini (25/11)

Halaman   1 2 3 4 Tampilkan Semua
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru