Inilah ciri-ciri awal diabetes tipe 2, kenali sejak dini agar tidak semakin parah

Kamis, 25 November 2021 | 07:46 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah ciri-ciri awal diabetes tipe 2, kenali sejak dini agar tidak semakin parah

ILUSTRASI. Inilah ciri-ciri awal diabetes tipe 2, kenali sejak dini agar tidak semakin parah

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali ciri-ciri diabetes tipe 2 sejak dini. Mengenali ciri-ciri diabetes tipe 2 bisa mempermudah penyembuhan dan mencegah komplikasi penyakit lainnya.

Diabetes tipe 2 adalah gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula (glukosa) sebagai bahan bakar. Kondisi ini menyebabkan kadar gula dalam aliran darh terlalu tinggi, yang memicu gangguan pada sistem peredaran darah, saraf, dan kekebalan tubuh.

Karena itu, penting bagi kita untuk mengenali ciri-ciri awal terjadinya diabetes tipe 2. Terlambat mengenali ciri-ciri diabetes tipe 2 menyulitkan penyembuhan.

Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 bisa berupa berikut ini:

1. Sering buang air kecil

Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 yang pertama adalah sering buang air kecil. Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari.

Baca Juga: Efektif menurunkan gula darah, coba 10 makanan ini

2. Rasa haus meningkat

Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 yang kedua adalah rasa haus meningkat. Sering buang air kecil yang diperlukan untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan seseorang merasa lebih haus dari biasanya.

3. Selalu merasa lapar

Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 yang ketiga adalah selalu merasa lapar. Penderita diabetes seringkali tidak mendapatkan energi yang cukup dari makanan yang mereka makan.

Sistem pencernaan memecah makanan menjadi gula sederhana yang disebut glukosa, yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar. Pada penderita diabetes, sel tubuh mereka tidak memiliki cukup glukosa. Akibatnya, penderita diabetes tipe 2 sering merasa lapar.

4. Merasa sangat lelah

Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 yang keempat adalah sering merasa sangat lelah meskipun tidak beraktivitas berat. Diabetes tipe 2 dapat berdampak pada tingkat energi seseorang dan menyebabkan mereka merasa sangat lelah atau lelah. Kelelahan ini terjadi sebagai akibat dari tidak cukupnya gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

5. Penglihatan kabur

Ciri-ciri awal diabetes tipe 2 yang kelima adalah penglihatan kabur. Kelebihan gula dalam darah dapat merusak pembuluh darah kecil di mata, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Penglihatan kabur ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua mata dan bisa datang dan pergi. Jika seseorang dengan diabetes pergi tanpa pengobatan, kerusakan pada pembuluh darah ini bisa menjadi lebih parah, dan kehilangan penglihatan permanen pada akhirnya dapat terjadi.

Itulah sejumlah ciri-ciri awal penyakit diabetes tipe 2. Mari kenali ciri-ciri awal penyakit diabetes tipe 2 agar tidak semakin parah dan menimbulkan komplikasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Gejala Awal Diabetes Tipe 2 yang Sering Tak Disadari",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

 

Selanjutnya: Ada pandemi, jumlah penjual di Lazada melesat hampir tiga kali lipat

Editor: Adi Wikanto
Terbaru