Khusus untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

Kamis, 18 Mei 2023 | 09:36 WIB Sumber: Kompas.com
Khusus untuk Usia 50 Tahun ke Atas, Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Menurunkan Berat Badan

ILUSTRASI. Cara menurunkan berat badan bagi usia 50 tahun ke atas adalah dengan diet jangka pendek.


KONTAN.CO.ID - Seiring bertambahnya usia, tubuh tidak lagi merespons upaya penurunan berat badan dengan cara yang sama. Itu sebabnya, menurunkan berat badan di usia 50 tahun ke atas bukan perkara mudah. 

Sebaliknya, semakin tua, kenaikan berat badan justru lebih cepat. 

"Insiden obesitas meningkat pada usia dua puluhan dan mencapai puncaknya di usia 40-59 tahun," ucap dokter pengobatan obesitas di Scottsdale Weight Loss Center Arizana, Craig Primack, dikutip dari Everyday Health

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menurunkan berat badan di usia 50 tahun ke atas? 

Cara menurunkan berat badan usia 50 tahun ke atas 

Mengacu pada Health Times, cara menurunkan berat badan bagi usia 50 tahun ke atas adalah dengan diet jangka pendek. 

Cobalah untuk menurunkan berat badan dengan cara yang cepat, misalnya dengan mengubah kebiasaan makan ala diet mediterania dan konsumsi makanan tinggi protein. 

Dikutip dari Eat This Not That, berikut kebiasaan makan untuk menurunkan berat badan di usia 50 tahun ke atas dengan cepat: 

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan, Apa Saja?

1. Tambah 20-30 gram protein 

Ahli gizi Lisa Young sepakat bahwa protein mampu membantu menurunkan berat badan dengan cepat, terutama bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Protein adalah sahabat untuk menurunkan berat badan. 

Sebab, kandungan protein yang tinggi mampu meningkatkan rasa kenyang. Protein juga membantu menjaga gula darah lebih stabil. 

Di sisi lain, protein juga berperan dalam mempertahankan jaringan otot tanpa lemak. Dengan begitu, otot akan membakar kalori dalam jumlah yang lebih besar. 

The Nutrition Twins merekomendasikan untuk menambah 20-30 gram protein ke dalam menu makanan untuk membantu menurunkan berat badan. 

2. Sayuran kaya serat 

Sayuran non-tepung berserat juga bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Serat mampu memperlambat pencernaan dan menstabikan gula darah. 

Studi menunjukkan bahwa konsumsi sayuran bermanfaat untuk menurunkan berat badan. The Journal of Nutrition mengatakan, asupan serat sebanyak 4 gram per hari bisa menurunkan berat badan sebanyak 3,25 pon. 

Baca Juga: 6 Cara Unik Mengecilkan Perut Buncit, Dua di Antaranya Makan Coklat & Bercinta

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru