kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Kamis, 18 Mei 2023 / 07:30 WIB
8 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan, Apa Saja?


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Meski tidak terlalu populer, manfaat buah gandaria untuk kesehatan tubuh telah teruji klinis. Oleh sebab itu, ada banyak manfaat buah gandaria untuk kesehatan yang menarik diketahui.

Banyaknya manfaat yang tersimpan dalam buah gandaria tak lepas dari melimpahnya kandungan nutrisi dalam buah tersebut.

Kandungan nutrisi dalam buah gandaria, contohnya seperti protein, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh, Ayo Simak!

Buah gandaria sendiri adalah salah satu jenis buah tropis asal Indonesia yang kini sudah mulai menyebar ke berbagai penjuru dunia karena manfaatnya.

Penasaran apa saja manfaat buah gandaria untuk kesehatan?

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat buah gandaria untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah gandaria mengandung cukup banyak vitamin C yang mampu membantu produksi jaringan kalogen yang baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan air dalam buah gandaria mampu melembabkan kulit sehingga tampak lebih cerah dan sehat.

Baca Juga: Manfaat Madu untuk Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi, Ada 6 Hal yang Wajib Diketahui

2. Mempercepat Proses Penyembuhan

Selain itu, melimpahnya kandungan vitamin C buah gandaria membuat buah ini mampu mempercepat regenerasi sel-sel dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah gandaria dapat membantu dalam pembentukan kolagen dan metabolisme protein.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat buah gandaria selanjunya yaitu mampu mengurangi risiko kanker khususnya dalam sistem pencernaan. Pasalnya, buah gandari mengandung air yang tinggi yang baik untuk sistem pencernaan dan mencegah presipitasi yang menyebabkan kanker.

Dilansir dari Health Benefits Times, Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 26 gram serat dalam buah gandaria sehari mampu mengurangi kemungkinan kanker.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh Jika Rutin Dikonsumsi

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Buah gandaria termasuk salah satu buah yang mengandung banyak air. Tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk konsistensi sistem peredaran darah karena tubuh kita terdiri dari sekitar 55% air dan sekitar 82% darah adalah air. 

Oleh sebab itu, Buah gandaria ini memiliki kadar air yang tinggi. sehingga mengkonsumsi buah gandaria mampu membantu kelancaran sirkulasi darah.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Otak kita terdiri dari 70% air sehingga otak membutuhkan jumlah air yang cukup untuk kelancaran fungsinya. Dengan mengkonsumsi buah Gandaria menjaga fungsi otak karena kaya akan kandungan air. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Secara Rutin

6. Membasmi Racun

Buah gandaria juga cukup efektif dalam membasmi racun dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah gandaria mengandung banyak air yang membantu proses menghilangkan racun dan kotoran dalam tubuh melalui reabsorpsi.

Dengan begitu mengkonsumsi buah gandaria dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, diabetes, stroke dan penyakit lainnya.

7. Baik Untuk Kesehatan Mata

Buah gandaria juga mengandunga beta karoten yang sangat membantu menjaga kesehatan mata. Beta karoten adalah nutrisi yang berubah menjadi manfaat Vitamin A yang diserap oleh tubuh. Vitamin A tersebut membantu menjaga kesehatan mata.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Apa Saja?

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet menurunkan berat badan tak ada salahnya mencoba buah gandaria. Pasalnya, buah gandaria bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal tersebut dikarenakan buah gandaria mengandung banyak serat dibandingkan dengan lemak. Sehingga mengkonsumsi buah gandaria dapat membuat perut terasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×