kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 8 Manfaat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga


Jumat, 03 November 2023 / 12:14 WIB
Kenali 8 Manfaat Jus Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Tidak Terduga
ILUSTRASI. Manfaat jus mengkudu untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat jus buah mengkudu untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan kerap luput dari perhatian. Selain itu, cara dan takaran mengkonsumsi juga perlu diperhatikan untuk bisa mendapatkan manfaat jus buah mengkudu secara maksimal.

Mengkudu (Morinda citrifolia) adalah buah tropis yang tumbuh di berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia. 

Buah mengkudu telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di berbagai budaya karena kaya akan senyawa-senyawa bioaktif yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satu cara populer untuk mengonsumsi mengkudu adalah dengan membuat jus buah mengkudu.

Baca Juga: 8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh yang Teruji Khasiatnya, Catat Ya!

Melansir dari Medical News Today, berikut beberapa manfaat jus buah mengkudu untuk kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Antioksidan

Mengkudu mengandung berbagai senyawa antioksidan seperti xeronine, flavonoid, dan terpenoid. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan penuaan dini dan penyakit serius, termasuk kanker dan penyakit jantung. Konsumsi jus buah mengkudu secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Baca Juga: Daftar 10 Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan yang Teruji Khasiatnya

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Jus buah mengkudu mengandung senyawa seperti asam lemak omega-3, serat, dan fitosterol, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Mereka dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan demikian, mengonsumsi jus mengkudu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam jus mengkudu juga memberikan manfaat dalam menjaga tekanan darah yang sehat. Kalium membantu mengendalikan kontraksi otot jantung dan pembuluh darah, sehingga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: Simak 10 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan yang Menarik Diketahui

4. Membantu Pengendalian Diabetes

Jus mengkudu memiliki efek menurunkan gula darah yang dapat membantu individu yang menderita diabetes tipe 2. Senyawa-senyawa dalam mengkudu, seperti menginhibisi α-glukosidase, dapat mengurangi penyerapan gula dari makanan dan mengontrol lonjakan gula darah setelah makan.

5. Meredakan Peradangan

Senyawa-senyawa antiinflamasi dalam jus buah mengkudu dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh. Ini bisa membantu mengurangi risiko penyakit peradangan kronis seperti arthritis dan penyakit radang usus.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Luar Biasa

6. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Serat dalam jus mengkudu juga bermanfaat untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengurangi sembelit, meningkatkan gerakan usus, dan mempromosikan kesehatan usus. Hal ini juga dapat membantu dalam penyerapan nutrisi yang lebih baik dari makanan.

7. Mendukung Kesehatan Kulit

Mengonsumsi jus mengkudu dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kulit. Antioksidan dalam buah ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini. Beberapa orang bahkan menggunakan jus mengkudu secara topikal untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Baca Juga: Cek 10 Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

8. Menyediakan Nutrisi Esensial

Selain manfaat kesehatan khusus, jus mengkudu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral esensial seperti vitamin C, vitamin A, zat besi, dan kalsium. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda dan mendukung kesehatan umum.

Jus buah mengkudu adalah salah satu minuman sehat yang dapat memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi dalam jumlah moderat adalah kunci, dan jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, selalu konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum mengintegrasikan jus buah mengkudu ke dalam diet Anda. Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu secara teratur, Anda dapat mendukung kesehatan tubuh dan meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×