kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenali 6 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui


Minggu, 10 Desember 2023 / 12:05 WIB
Kenali 6 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui
ILUSTRASI. Buncis


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buncis bagi kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang perlu diketahui. Pasalnya, manfaat buncis juga tidak perlu diragukan lagi karena telah teruji khasiatnya.

Tidak hanya itu, cara mengolah dan mengkonsumsi buncis juga penting diperhatikan untuk bisa memaksimalkan manfaat buncis tersebut.

Buncis, atau kacang panjang, bukan hanya sekadar bahan pelengkap pada hidangan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi yang kaya dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui, Suka Makan?

Merangkum dari WebMD, ini manfaat buncis bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Serat

Buncis mengandung serat pangan yang tinggi, baik serat larut maupun tidak larut. Serat membantu meningkatkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Peningkatan asupan serat juga dapat membantu mengendalikan berat badan dan kadar gula darah.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

2. Sumber Antioksidan

Buncis mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, dan senyawa fenolik lainnya. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan peradangan. Melalui konsumsi buncis, kita dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif.

3. Mendukung Kesehatan Jantung

Buncis dapat membantu menjaga kesehatan jantung melalui beberapa mekanisme. Kandungan seratnya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL ("jahat") dan meningkatkan kadar kolesterol HDL ("baik"). Selain itu, antioksidan dalam buncis juga dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Kersen Bagi Kesehatan yang Tersembunyi

4. Menyediakan Nutrisi Penting

Buncis kaya akan berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin K, vitamin A, vitamin B, dan mineral seperti besi, magnesium, dan kalium. Nutrisi-nutrisi ini mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, pembekuan darah, kesehatan tulang, dan banyak lagi.

5. Membantu Pengelolaan Diabetes

Buncis memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Kandungan seratnya juga mendukung penyerapan glukosa yang lebih lambat, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Ini membuat buncis menjadi pilihan yang baik untuk orang yang memiliki diabetes atau berisiko mengembangkan penyakit ini.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

6. Pertumbuhan dan Perbaikan Sel

Protein adalah komponen penting dalam proses pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh. Buncis mengandung protein nabati yang penting untuk mendukung kebutuhan tubuh akan protein. Bagi mereka yang memilih pola makan vegetarian atau vegan, buncis bisa menjadi sumber protein yang baik.

Buncis bukan hanya makanan lezat untuk dijadikan pelengkap hidangan, tetapi juga merupakan paket nutrisi yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. 

Dengan kandungan serat, antioksidan, dan berbagai nutrisi penting lainnya, mengonsumsi buncis secara teratur dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan pencernaan, jantung, dan keseluruhan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyertakan buncis dalam menu makanan sehari-hari untuk mendukung gaya hidup sehat Anda.

Selanjutnya: Daftar Makanan Khas Pulau Dewata Bali yang Menggugah Selera

Menarik Dibaca: Daftar Makanan Khas Pulau Dewata Bali yang Menggugah Selera

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×